Banyak Taman Jadi Tempat Mesum, Disperkim Kota Malang Tugaskan Polisi Khusus

Polisi Taman saat melakukan apel (Istimewa)
Polisi Taman saat melakukan apel (Istimewa)

MALANGTIMES- Bagi sebagaian orang, mungkin nama Polisi Taman belum begitu melekat. Namun perannya sangat efektif untuk menjaga aset milik Kota Malang tersebut.

Menjelma sebagai pahlawan untuk taman di Kota Malang, Polisi Taman begitu sebutannya mempunyai tugas dan kewajiban yang cukup besar untuk keberlangsungan penghijauan.

Di Kota Malang, sudah sangat banyak taman yang mempercantik jalanan atau pun permukiman warga.

Akan tetapi, masih banyak warga yang mengeluhkan bahwa taman digunakan untuk hal yang negatif. Bahkan salah satu taman di Kota Malang sempat mendapat sebutan taman mesum.

"Kalau dari masyarakat itu ya banyak laporan tentang pacaran di taman. Tapi sejak ada Polisi Taman, hal tersebut bisa diminimalisir bahkan dihilangkan," ujar Kabid Pertamanan Disperkim Kota Malang, Ir. Kuncahyani.

Polisi Taman sendiri masuk dalam seksi pengawasan dan pengendalian bidang pertamanan Disperkim Kota Malang.

Tugas dan fungsinya pun cukup berat, karena harus mengamankan benda mati yang manfaatnya cukup besar bagi kota.

"Jadi tugas mereka itu mengamankan aset-aset taman, seperti pedestrian yang dipakai untuk parkir dan sebagainya. Dan mereka harus tegas tapi juga santun di lapangan," kata Yani, sapaan akrab Ir. Kuncahyani.

Perlu diketahui, kini Disperkim Kota Malang bidang pertamanan sudah memiliki 36 anggota Polisi Taman. Mereka terbagi dalam 2 shift, yakni pagi dan sore. Ir. Kuncahyani mengaku sangat mengapresiasi kinerja yang sudah dilakukan Polisi Taman selama ini.

"Selama ini saya cukup mengapresiasi sekali kinerja dari Polisi Taman, termasuk pembagian shift pagi, sore dan ada yang mobile. Yang mobile ini untuk mengamankan baliho-baliho yang terpasang di pohon, karena itu bisa melukai pohon. Juga ada yang tugasnya stay, seperti di Merjosari dan lainnya," papar Yani.

Kepala bidang yang sangat akrab dengan anggotanya ini menambahkan bahwa kehadiran Polisi Taman sangat efektif, apalagi pada saat ada event yang dekat dengan taman.

"Menurut saya sangat efektif ketika ada event seperti Malang Tempoe Doeloe kemarin, pasukan kami dari pagi sampai sore di sana. Mereka mengamankan taman agar tidak diinjak-injak oleh pengunjung," urainya.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top