Ketua DPC Bermanuver, DPD Hanura Berang (3)

Terkait Pencalonannya, Nanda Mengaku Langsung Berkomunikasi dengan DPP Hanura

Ketua DPC Hanura Kota Malang, Ya
Ketua DPC Hanura Kota Malang, Ya'qud Ananda Qudban (Foto : Dok/MalangTIMES)

MALANGTIMESKritik tajam dan pedas yang disampaikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Jatim mendapat umpan balik Ketua Ketua DPC Hanura Kota Malang Ya'qud Ananda Gudban.

Tuduhan bahwa dirinya tidak melakukan komunikasi politik sesuai tahapan dan etika yang disepakati di internal Hanura dibantahnya dengan tegas.

Ia mengatakan rencana pencalonan dirinya sebagai Wali Kota Malang sudah sepengetahuan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura.

"Nggak mungkin saya maju kalau DPP tidak mengizinkan. DPP 100 persen support yang kami lakukan," tegas Nanda, sapaan akrabnya.

Nanda mengakui jika rekomendasi resmi tertulis belum didapatkan karena masih melalui proses internal.

"Rekom dari Hanura belum turun, tapi Insya Allah kami komunikasikan terus. Nggak mungkin lah (tidak ada pembicaraan dengan DPD Jatim)," terang perempuan yang juga anggota DPRD Kota Malang itu.

"Saya bergerak atas peritah teman-teman. Saya selalu jalan atas perintah partai. Lebih baik dicross check ke DPP saja," paparnya. Nanda menguraikan bahwa prosedur internal partai sudah dilalui. Termasuk pengajuan usulan calon yang sudah diproses.

Seperti diketahui, DPC Hanura Kota Malang telah menyelesaikan pendaftaran terbuka. Partai yang didirikan oleh Wiranto itu membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah Kota Malang mulai 22 Juli sampai 18 Agustus lalu.

Saat itu, hanya ada dua pendaftar, yakni Nanda dan Risman AW, seorang birokrat di salah satu kementerian. Hanya saja, Risman AW tidak mengembalikan formulir tepat waktu.  

Otomatis, Nanda merupakan calon tunggal dari Kota Malang. Hasil pendaftaran partai, lanjut Nanda, juga sudah diproses. "Kan waktu itu hanya ada satu pendaftar yakni saya, itu termasuk tahapan yang dilakukan. Setelah pendaftaran ada juga fit and proper test di Surabaya," tuturnya.

Soal komunikasi politik yang dilakukan, Nanda mengaku sudah sesuai dengan mekanisme yang diamanatkan partai. "Oleh DPP  kami diminta menjalin komunikasi dengan partai-partai lain. Dan itu yang kami lakukan saat ini," pungkasnya.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top