Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemkot Malang Diminta Permudah Perizinan Industri Kecil Menengah

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Heryanto

02 - Nov - 2017, 18:11

Direktur Industri Kecil dan Menengah, Logam, Mesin Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Endang Suartini ( kanan) saat menerima cinderamata dalam festival Mbois II. (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES)
Direktur Industri Kecil dan Menengah, Logam, Mesin Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Endang Suartini ( kanan) saat menerima cinderamata dalam festival Mbois II. (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Industri kreatif yang berkembang pesat memaksa Pemkot Malang untuk terus mendorong pertumbuhannya. Pendampingan yang intens diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pelaku industri untuk terus berinovasi.

Direktur Industri Kecil dan Menengah, Logam, Mesin Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Endang Suartini mengatakan, industri kreatif berperan besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Namun hingga kini masih banyak juga industri kreatif yang belum memiliki izin usaha.

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

"Mereka diharapkan segera mengurus izin usaha. Ini tentu menjadi tugas pemerintah untuk melakukan pendampingan terhadap yang belum memiliki izin usaha,"ujar Endang dalam sambutannya di acara Festival Mbois II Kota Malang,Kamis (2/11).

Tidak tanggung-tanggung Endang menargetkan ada 20 ribu industri kreatif baru tumbuh di Indonesia pada 2019 mendatang.

Sebab, pesatnya pertumbuhan industri kreatif semacam ini mampu menyimbamg pendapatan yang begitu besar terhadap negara.

"Di tahun 2015, sebanyak 640 Triliun Rupiah pendapatan negara berasal dari industri kreatif, dimana 34 persennya dari sektor kuliner, 27 persen dari sektor fashion, 15 persen dari sektor kerajinan, sisanya dari sektor lain," papar Endang.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Oleh sebab itu, Endang begitu mengapresiasi dan mendukung kegiatan serupa sebagai ajang pertemuan pelaku kreatif. Tidak hanya itu, menurut Endang kegiatan ini juga sangat bagus sebagai ajang promosi produk mereka.


Topik

Peristiwa industri-kreatif-Kota-Malang Wali-Kota-Malang H-Moch-Anton Dinas-Perindustrian-Kota-Malang Festival-Malang-Mbois-2017 pemkot-malang Perizinan-Industri-Kecil-Menengah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Heryanto