Ternyata Ini Sate Taichan Pertama di Malang

Sajian sate taichan ala tiga anak muda asal Malang dengan nama
Sajian sate taichan ala tiga anak muda asal Malang dengan nama 'Taichan Endoy' di Jalan Bunga Cokelat Nomor 1 Lowokwaru, Kota Malang. (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Pernah mendengar kuliner dengan nama sate taichan? Sajian sate ini diolah dari daging ayam tanpa bumbu kecap dan bumbu kacang. Taichan menjadi kuliner kekinian beberapa tahun terakhir.Bahkan di kawasan Senayan, Jakarta, berjejer puluhan pedagang kaki lima yang menjual sate taichan. 

Tidak perlu jauh-jauh ke ibu kota Jakarta untuk sekadar menikmati sate taichan. Sebab, di Kota Malang sate taichan mulai menjamur. Tahukah pembaca MALANGTIMES, siapa penjual sate taichan pertama di Bumi Arema? 

Sate taichan pertama di Malang diberi label 'Taichan Endoy'. Tiga anak muda berinisiatif mendirikan usaha kuliner sate taichan di Malang. Mereka adalah Afif Fahroni Amazon, Anisah Ines Fauziyyah, dan Windi Reviana. 

Mewakili dua rekannya, Nisa menjelaskan bahwa mereka mengawali usaha itu pada Oktober 2016 silam. Saat itu, mereka mengaku hanya coba-coba menjual sate taichan lantaran sedang digandrungi di Jakarta. 

"Dulu bikin sate taichan ini hanya main dan percobaan saja. Tempat pertama kita di pujasera kawasan Jalan Tlogomas dan belum banyak orang yang tahu kalau. Trus ada sales Go-Jek yang nawarin. Tanpa pikir panjang daftar dan Go-Food bawa pengaruh sangat baik karena akhirnya kita banyak pelanggan," jelasnya kepada MALANGTIMES, Selasa (31/10/2017).

Tahun lalu, mereka menyewa sebuah stan kecil di pujasera kawasan Jalan Tlogomas. Lantaran pujasera direnovasi, Taichan Endoy lantas pindah di Jalan Bunga Cokelat Nomor 1 Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. 

Soal nama, Nisa menjelaskan bila pemililhan nama 'Taichan Endoy' lantaran arti dari kata endoy. "Artinya tuh enak hehe plesetan gitu dari kata enak dan memang sate taichan kita bikinnya ada resep khusus, terutama sambalnya kita yang bikin nagih," imbuh alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini. 

Pembuatan sate taichan, jelas Nisa, sebenarnya tidak berbeda dengan sate lain. Hanya saja pengolahan sate taichan ini menggunakan daging ayam bagian dada. 

"Bikin taichan sama seperti bikin sate ayam biasa hanya saja taichan tidak pakai bumbu kacang. Dan taichan juga cuma pakai daging dada ayam saja, dipotong kecil-kecil dan ditusuk tinggal di panggang dan makannya pakai sambel," kata Nisa. 

Sajian taichan ala tiga anak muda Malang ini punya paket pilihan dengan nama unik. Ada nama paket sate taichan jomblo. Wah dari namanya saja sudah bikin baper ya. "Jadi ini paket nasi dan sate taichan trus ada tambahan minuman juga," tuturnya. 

Paket sate taichan enggak hanya ada yang jomblo. Biar enggak kesepian, Taichan Endoy juga menawarkan paket rame-rame yang bisa disantap bareng teman atau kekasih.

Soal harga, sate taichan ala tiga anak muda Malang itu dibandrol mulai Rp 25.000. Hmmm, sudah tidak sabar menyantap kelezatan sate taichan? (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top