Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Disdik Kota Malang Genjot Kompetensi Seluruh Guru PAUD

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Lazuardi Firdaus

28 - Oct - 2017, 13:39

Ibu PAUD Kota Malang saat membuka gelaran workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di Baiduri Sepah, Sabtu (28/10). ( Foto: Hezza Sukmasita)
Ibu PAUD Kota Malang saat membuka gelaran workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di Baiduri Sepah, Sabtu (28/10). ( Foto: Hezza Sukmasita)

MALANGTIMES - Mencetak generasi penerus yang baik merupakan kewajiban bagi setiap tenaga pendidik di sebuah lembaga pendidikan. Apalagi untuk anak didik usia dini. Fase-fase golden age (usia emas) itu memerlukan rangsangan yang tepat untuk membentuk kepribadian anak.

Berkaitan hal tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang melalui Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) mengelar workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di Baiduri Sepah Café and Resto, Sabtu (28/10). Workshop bertajuk Creating, Creative and Happy Learning ini digeber dalam dua tahap. Tahap pertama ini diikuti 17 gugus dari Kecamatan Lowokwaru dengan total 590 guru PAUD.

Kepala Bidang PTK Dra Sri Sutrisnawati MPd mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dinas Pendidikan Kota Malang dalam meningkatkan empat kompetensi dasar yang wajib dimiliki seorang pendidik. "Meskipun guru PAUD, mereka juga harus memiliki empat kompetensi dasar. Di antaranya pedagogic, kepribadian, profesional dan kemampuan sosial. Mengingat saat ini masih banyak guru PAUD yang belum linier. Padahal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tenaga pendidik haruslah linier,” ujar wanita yang akrab disapa Trisna tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah saat menyampaikan materi di hadapan 590 guru PAUD yang hadir dalam workshop.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM menyampaikan materi seputar kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan pengembangan kapasitas pembelajaran dan pengajaran guru PAUD/TK. “Pemkot Malang melalui Dinas Pendidikan diberi mandat untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dengan memiliki empat sasaran utama, yaitu SDM, kurikulum, sarana prasarana, dan peserta didik,” ucapnya.

Bunda PAUD Kota Malang Hj Dewi Farida Suryani yang turut hadir membuka kegiatan tersebut berharap agar guru PAUD untuk terus berupaya mempersiapkan anak yang tangguh dan siap mencapai cita-cita. Generasi penerus bangsa yang kompetitif diharapkan mampu lahir dari tangan-tangan pendidik PAUD. "Usia tujuh tahun merupakan usia yang potensial untuk menanamkan nilai-nilai untuk menumbuh kembangkan kemampuan anak sejak dini agar dapat  bertahan hidup, bekerja, dan mengaktualisasikan diri dalam karya-karya besar hidupnya," ujar Umi Farida.

Berbagai materi disampaikan dalam workshop kali ini. Di antaranya yang disampaikan Umi Farida sebagai motivasi bagi guru PAUD untuk terus semangat mendidik anak bangsa serta materi peningkatan kapasitas profesional guru hebat dan masih banyak lagi. Rencananya workshop tahap kedua akan dilaksanakan pada 4 November mendatang. (*)


Topik

Pendidikan Dinas-Pendidikan-Kota-Malang Guru-PAUD-malang Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Lazuardi Firdaus