Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Abah Anton Ingatkan Peran Besar Santri di Kota Malang

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Lazuardi Firdaus

19 - Oct - 2017, 17:57

Wali Kota Malang H Moch. Anton saat memberikan sambutan dalam sosialisasi Hari Santri Nasional. (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES)
Wali Kota Malang H Moch. Anton saat memberikan sambutan dalam sosialisasi Hari Santri Nasional. (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pada hakikatnya kegiatan hari santri adalah  memperingati peran besar para kiai dan kaum santri dalam perjuangan melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad  KH Hasyim Asy'ari pada  22 Oktober 1945. Itulah alasan yang mendasari mengapa  Hari Santri Nasional ditetapkan pada  22 Oktober.

Berkenaan dengan itu, Pemerintah Kota Malang melalui Bagian Kesra Setda Kota Malang menggelar sosialisasi hari santri di Kota Malang pada Kamis (19/10) di Hotel Grand Palace Malang. Hadir dalam kesempatan tersebut, KH Chamzawi, KH Tolchah Hasan, dan Agus Sunyoto.

Dalam acara itu, Wali Kota Malang H Moch. Anton menyampaikan bahwa sejarah membuktikan para santri bersama dengan pejuang lainnya mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajah bangsa asing serta menjaga keutuhannya. 

"Belum lagi para perwira atau prajurit pembela tanah air, yang ternyata banyak berasal dari kalangan santri, sehingga perjuangan para santri harus diperingati menjadi salah satu hari besar di Indonesia," ujar Abah Anton. 

Dia juga berharap agar para santri terus berjuang dengan  berupaya meningkatkan eksistensi dalam mengembangkan dan membina serta mengarahkan masyarakat muslim. Santi juga didorong senantiasa berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan meneruskan proses pembangunan bangsa dan negara sekaligus menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Jalinan tali silaturahmi, tambah Abah Anton, harus terus dijaga demi memperkuat persatuan dan kesatuan serta soliditas intern umat Islam di Kota Malang. Tujuannya mengukuhkan tegaknya amar ma’ruf nahi mungkar demi terwujudnya Malang Bermartabat.

Sementara itu,  Wakil Ketua Pengurus Cabang NU Kota Malang Dr Mujab Masyhudi berharap agar momentum peringatan Hari Santri Indonesia di Kota Malang dapat memberikan motivasi dan kekuatan tersendiri bagi para santri untuk terus maju dan meneruskan perjuangan para pendiri NU. (*)


Topik

Peristiwa Abah-Anton Peran-Besar-Santri Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Lazuardi Firdaus