Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Kepala Disparbud Kabupaten Malang Dorong Pelaku Desa Wisata Kembangkan Smart Village

Penulis : Imam Syafii - Editor : Lazuardi Firdaus

17 - Oct - 2017, 15:45

Asdep Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar Oneng Setya Harini (kiri) bersama Bupati Malang Rendra Kresna (kanan) saat meresmikan Smart Village Ekowisata Boon Pring beberapa hari lalu. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Asdep Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar Oneng Setya Harini (kiri) bersama Bupati Malang Rendra Kresna (kanan) saat meresmikan Smart Village Ekowisata Boon Pring beberapa hari lalu. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tak henti-hentinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Kabupaten Malang mendorong pelaku desa wisata (DeWi) untuk mengembangkan teknologi smart village. Tujuannya untuk meningkatkan dan mempromosikan potensi desa wisata di Kabupaten Malang yang ber-tagline The Heart of East Java. 

Dari 16 desa wisata di Kabupaten Malang, yang membuat sistem smart village adalah Ekowisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen. Pembangunanan Smart Village Ekowisata Boon Pring ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar Oneng Setya Harini dan Bupati Malang Rendra Kresna ketika me-launching sistem informasi online itu dalam pembukaan event Pesona Desa Wisata 2017 di Ekowisata Boon Pring, Sabtu (14/10/2017) lalu.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan perkembangan teknologi semakin pesat. Karena itu, pihaknya mendorong masing-masing pelaku desa wisata membangun smart village untuk mempromosikan potensi wisata yang dimilikinya.

"Ke depannya kami ingin desa wisata di Kabupaten Malang sudah menerapkan smart village untuk mengangkat wisatanya. Artinya wisatawan cukup melihat segala informasi potensi desa wisata di Kabupaten Malang melalui smartphone berbasis andorid yang terkoneksi dengan internet, seperti yang sudah diaplikasikan oleh Ekowisata Boon Pring," kata dia kepada MalangTIMES.

Made menerangkan, informasi yang ada di Smart Village Boon Pring dapat diakses mayarakat umum dengan mudah dan transparan. Semua informasi fasilitas, sarana dan prasarana wisata tersaji dengan lengkap dan detail.

"Aplikasi Smart Village Boon Pring juga menyediakan profil wisata, menunjukkan tempat wisata, list harga tiket masuk, penjualan dan pemesanan tiket. Semuanya lengkap. Terpenting kami menyarankan desa wisata rutin meng-update informasi terbaru dari aplikasi tersebut," ungkapnya. 

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Di samping itu, Kemenpar RI sudah menetapkan Ekowisata Boon Pring Andeman sebagai salah satu dari 30 pilot project atau percontohan desa wisata di Indonesia. "Inilah bentuk komitmen kami bersama  dalam membangun desa wisata di Kabupaten Malang yang berdaya saing dari sisi era digitalisasi. Tak lupa kami juga menggencarkan sosialisasi kepada pelaku wisata program smart village ini," paparnya.


Topik

Wisata Disparbud-Kabupaten-Malang Desa-Wisata Smart-Village


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Lazuardi Firdaus