Besok, Pesona Desa Wisata Boon Pring Dikemas Sangat Semarak

Desa Wisata Boon Pring Andeman Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, bakal menjadi tuan rumah perhelatan Pesona Desa Wisata 2017. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Desa Wisata Boon Pring Andeman Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, bakal menjadi tuan rumah perhelatan Pesona Desa Wisata 2017. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masyarakat Kabupaten Malang pastinya sudah menunggu acara akbar yang dikemas dalam semarak Pesona Desa Wisata (DeWi) 2017 mulai 14-16 Oktober di Desa Wisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen. Event dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-1257 Kabupaten Malang itu bakal disemarakkan beragam kegiatan kesenian budaya sekaligus dihadiri para pelaku desa wisata se-Indonesia.

Kepala Dinas Pariwiasata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang tahunan Mitra Praja Utama (MPU) bidang pariwisata Kabupaten Malang. "Tahun lalu kami sukses menggelar Pesona Desa Wisata di Desa Wisata Pujon Kidul. Nah, untuk tahun ini tuan rumahnya Desa Wisata Boon Pring Andeman Turen. Rangkaian kegiatannya bakal lebih semarak lagi," kata Made kepada MalangTIMES.

Made menjelaskan, rangkaian kegiatan hari pertama bakal dibuka Bupati Malang Dr H Rendra Kresna bersama asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Pariwisata. "Jadi, Pak Bupati (Rendra Kresna) akan me-launching smart village atau desa berbasis teknologi bersama asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Pariwisata," terang pria ramah itu.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan atraksi menghias topeng Bapang dan dialog pariwisata bersama masyarakat oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Usai dialog pariwisata, Rendra Kresna beraama tamu undangan akan disambut dan diiringi kesenian dengkruk dan egrang yang dilakukan para pelaku desa wisata Kabupaten Malang di sepanjang jalan Desa Sanankerto.

"Acara kian semarak dengan hadirnya pelaku desa wisata se-Indonesia. Di antaranya dari DeWi DKI Jakarta, Yogyakarta, Magelang, Banjarnegara, Pacitan, Lumajang, Jember, Madiun dan Ngawi. Semua akan berkumpul di sana untuk memamerkan potensi desa wisata masing-masing daerahnya," ucap Made.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan gelaran pameran produk kreatif desa wisata Kabupaten Malang bersama anggota MPU 2017 sekaligus penebaran benih dikan di lokasi wisata Boon Pring Andeman. Tak hanya itu. Rendra Kreana akan melakukan penanaman 10 ribu pohon dalam rangka menyongsong Hari Puspa dan Cinta Satwa Nasional.

"Malam harinya kegiatan akan dilanjutkan dengan sarasehan pariwisata kerakyatan oleh penggiat desa wisata seperti Destha Raharjana, Widji Astuti, dan Gagoek Soenar Prawito. Lalu ada pembacaan deklarasi Boon Pring untuk pariwisata Indonesia," ujar Made. (*)

Pewarta : imam syafii
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top