Peringati HUT Jatim ke 72,15 SMK di Kota Malang Pamerkan Hasil Kreativitas

Wali Kota Malang H Moch Anton saat membuka pameran kreatifitas siswa SMK usai peringatan HUT 72 Jatim (Foto: Hezza Sukmasita)
Wali Kota Malang H Moch Anton saat membuka pameran kreatifitas siswa SMK usai peringatan HUT 72 Jatim (Foto: Hezza Sukmasita)

MALANGTIMES- Ada yang menarik dalam rangkaian peringatan HUT Jawa Timur ke 72 di Balai Kota Malang, Jumat (13/10). Pemkot Malang langsung memamerkan kreativitas hasil karya pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Malang di samping gedung Balai Kota.

Sedikitnya ada 15 SMK mengikuti pameran tersebut. Wali Kota Malang H Moch Anton didampingi Wakil Wali Kota Malang Drs Sutiaji dan segenap jajaran Forkopimda pun membuka pameran secara langsung usai upacara.

“Sesuai dengan mandat Gubernur Jatim, peningkatan SDM memang sangat penting. Pameran ini juga sebagai upaya bagaimana memunculkan ide kreatif anak-anak untuk menghadapi globalisasi,” ujar Anton kepada awak media usai membuka pameran.

Usai membuka pameran kreativitas siswa SMK se-Kota Malang, pria yang akrab disapa Abah Anton ini langsung meninjau satu persatu stan milik putra-putri kebanggaan Kota Malang ini. Ada berbagai macam produk dan kreativitas yang dipamerkan dalam kegiatan ini.

siswa SMKN 1 Malang coba menjelaskan kepada Abah Anton yang penasaran denga Hydroponik. ( Foto: Hezza Sukmasita)
siswa SMKN 1 Malang coba menjelaskan kepada Abah Anton yang penasaran denga Hydroponik. ( Foto: Hezza Sukmasita)

Produk pameran pun sesuai dengan keahlian siswa SMK yang mengikuti ajang pameran. Misalnya saja SMK Nasional Malang, di stannya siswa-siswa memamerkan mesin kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Begitu juga dengan SMK Prajnaparamitha, dengan spesialisasi jurusan kesehatan di stan tersebut pengunjung bias melakukan cek kesehatan langsung dengan gratis dan masih banyak lagi.

Bahkan saking menariknya Abah Anton tak segan mencoba berbagai produk siswa-siswa dari berbagai SMK tersebut. Produk-produk siswa ini pun beberapa ada yang diberikan kepada Abah Anton sebagai hadiah.

Anton berharap dengan kegiatan ini dapat membantu memudahkan siswa-siswa Kota Malang agar siap menghadapai tantangan global dan dapat dengan mudah mendapatan pekerjaan.

Abah Anton minta ditensi oleh seorang siswa SMK Prajnaparamitha di sela-sela pameran. (Foto: Hezza Sukmasita)

“Soal demografi yang disampaikan gubernur kita harus siap,” tandasnya.

Soal demografi yang ia maksud adalah, tantangan sesuai tema yang diangkat dalam HUT ke 72 Jatim. Yakni 'Peningkatan Sumberdaya Manusia Lewat Pendidikan Kejuruan sebagai Solusi Menuju Jawa Timur Mandiri dan Berdaya Saing Global'. Hal ini adalah suatu tekad dan semangat Provinsi Jawa Timur dalam membangun ekonomi berbasis SDM agar mampu tumbuh inklusif dan berkelanjutan.

Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top