3 Hari Terakhir, 2 Parpol Akhirnya Lolos Verifikasi di KPU Kabupaten Malang

Penyerahan berkas administrasi partai Golkar kepada KPU Kabupaten Malang, Jumat (13/10) (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Penyerahan berkas administrasi partai Golkar kepada KPU Kabupaten Malang, Jumat (13/10) (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sejak dibuka jadwal pendaftaran bagi partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019 dari tanggal 3-16 Oktober 2017 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), seluruh pengurus dan kader bekerja keras melakukan pendataan dan input keanggotaan.

Dari tingkat pusat sampai daerah, seluruh parpol berkejaran dengan waktu untuk memenuhi prasyarat yang telah ditetapkan melalui regulasi tentang pemilu.

Di Kabupaten Malang pun seluruh parpol dibuat sibuk dalam upaya memenuhi prasyarat tersebut. Sayangnya, batas waktu yang semakin mendekati akhir pendaftaran di tingkat Pusat maupun verifiksi administrasi di tingkat daerah, terbilang masih minim pendaftaran.

Dari sejak tanggal 3 Oktober sampai berita ini ditulis, baru empat parpol yang melakukan pengiriman berkas yang disyaratkan. 

Yaitu Perindo dan PDI Perjuangan yang berkasnya setelah diverifikasi masih belum lengkap dan akhirnya dikembalikan KPU Kabupaten Malang. Setelah itu, Jumat (13/10) Partai NasDem dan Partai Golkar. Keduanya lolos dari verifikasi administrasi KPU.

NasDem yang hadir ke KPU dengan iringan ratusan sepeda onthel dan dimeriahkan dengan pertunjukan topeng Malangan, lolos pertama kali.

"Partai NasDem setelah kita verifikasi administrasinya sekitar satu jam telah sesuai," kata Santoko Ketua KPU Kabupaten Malang, Jumat (13/10).

Menurut Santoko, berkas KTA yang dibawa NasDem melebihi syarat pada data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Di sipol, jumlah kader NasDem sebanyak 2.468 orang. Sedangkan pada pendaftaran, NasDem menyerahkan 3.000 KTA. 

Lolosnya NasDem dalam verifikasi tersebut, diikuti oleh Partai Golkar yang hadir sekitar pukul 10.00 WIB. Tanpa adanya pertunjukan atau aksi seperti parpol yang terlebih dahulu menyerahkan berkas ke KPUD, Golkar langsung diterima untuk pemberkasan administrasi.

Siyadi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang sebelum melajukan pemberkasan dokumen menyatakan, bahwa pihaknya membawa 3 bendel dokumen untuk diverifikasi KPUD.

"Syarat yang ditentukan KPU kami bawa semua. Insyaallah lengkap dan sesuai," ujarnya kepada media. Dia juga mengatakan untuk jumlah kartu anggota yang dibawanya sebanyak 1.524.

"Ini sudah mencukupi untuk prasyarat di KPU," lanjut Siyadi.

Proses verifikasi administrasi partai Golkar oleh KPUD yang berlangsung sekitar satu jam, menghasilkan keputusan bahwa seluruh berkas telah sesuai. Golkar menjadi parpol kedua yang lolos setelah partai NasDem.

Di kesempatan yang sama, Siyadi yang bisa bernafas lega setelah partainya lolos verifikasi administrasi KPUD, juga berharap partainya nanti bisa juga tetap berjaya di Kabupaten Malang.

"Minimal seperti tahun lalu, yaitu 12 kursi sudah baik. Ini karena kompetisi semakin berat dan adanya parpol baru juga," harap Siyadi.

Dia juga menegaskan Golkar kini sedang fokus dalam konsolidasi struktural dan kader dalam upaya untuk mensolidkan kekuatan di tubuh partai berlambang beringin ini.

"Kita terus kuatkan hal tersebut untuk menghadapi dinamika politik dan keberadaan pemilih baru potensial nanti. Tentunya ini untuk mencapai tujuan dan target partai Golkar," pungkas Siyadi.

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top