Jadi Pelaku Peredaran Narkoba, Empat Mahasiswa di Malang Diciduk Polisi

KBO Satreskoba Polres Malang Kota, Ipda Bambang Heryanta (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
KBO Satreskoba Polres Malang Kota, Ipda Bambang Heryanta (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES Lagi-lagi mahasiswa di Malang menjadi sasaran dan pelaku peredaran narkoba. Salah satunya adalah MH (22) mahasiswa salah satu kampus swasta (PTS) di Malang. Ia menjadi pemasok ganja yang juga ia jual kepada teman-temannya sesama mahasiswa. 

MH berhasil diciduk setelah aparat Polres Malang Kota mendapat keterangan dari HR (20), mahasiswa yang tertangkap sebelumnya. 

Usai penangkapan itu, polisi langsung menggeledah kamar HR dan menemukan barang bukti ganja seberat 27,3 gram.

Kaur Bin Ops (KBO) Satreskoba Polres Malang Kota, Ipda Bambang Heryanta menjelaskan 
HR bertransaksi dengan MH di kawasan Permata Jingga. Saat itu HR mengambil narkoba yang sudah diletakkan di jalan oleh MH.

"Saat mengambil barang itu, HR ini bersama temannya berinisial RK. Setelah sampai di kos, mereka lalu membagi barang haram tersebut menjadi dua. Dua per tiga untuk HR, dan satu per tiga untuk RK," ungkap Bambang.

Polisi masih terus melakukan pengembangan untuk mengungkap siapa pemasok utama barang haram tersebut.

Setelah mendapatkan infromasi dari para tersangka polisi akhirnya berhasil menciduk MJ warga Griyasanta, Lowokwaru yang juga mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri (PTN).

"Nah setelah kami lakukan pengeledahan di kediaman tersangka, kami menemukan barang bukti sisa ganja seberat 3 ons," paparnya.

Tidak hanya itu, polisi juga menemukan barang bukti ganja lain seberat 23 gram. Barang tersebut ternyata hasil dari sunatan barang HR. Barang itu mereka beli dari MJ.

"Nah barang HR ini disunat oleh MJ untuk dirinya sendiri. HR waktu itu belinya Rp 1 juta per satu paket. Oleh karena itu, RK dan HR dikenakan pasal 111 ayat satu KUHAP tentang penyalahgunaan narkoba dengan ancaman empat tahun penjara. Sementara, MH dan MJ karena statusnya pengedar diancam dengan hukuman lima tahun penjara," pungkasnya.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top