Mengawal Malang Jadi Kota Mode

Seminggu, Mahasiswi Asal Malang Ini Jual Ribuan Hijab

Produk hijab besutan mahasiswi asal Malang, Arma Rohmatul Ayu, dengan label Arascarf (foto: Instagram @arascarf)
Produk hijab besutan mahasiswi asal Malang, Arma Rohmatul Ayu, dengan label Arascarf (foto: Instagram @arascarf)

MALANGTIMES - Mahasiswi asal Malang Arma Rohmatul Ayu tidak pernah menyangka keputusan ia berhijab berbuah berkah. Awalnya, Arma iseng berjualan hijab. Rezeki mengalir deras. Baru berjalan dua tahun, ia mampu menjual 2000 pcs hanya dalam waktu seminggu. 

Bagaimana kisah Arma membangun bisnis hijab yang ia sebut bisnis tanpa modal ini? Bulan Mei 2015 Arma mulai menjual hijab dengan label Arascarf dengan sistem pre-order atau lazim disebut PO. 

"Ini enggak pakai modal. Aku bikin sistem PO (pre-order). Uang mereka ada dulu dan jilbab jadi H plus dua. Karena usaha ini aku sebenarnya iseng aja karena dulu aku belum berhijab. Setelah aku pakai hijab ternyata banyak temen kampus mau hijab kayak aku pakai," tutur mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini pada MALANGTIMES. 

Label Arascarf menjual berbagai varian hijab. Mulai dari square (segiempat) dan scarf (pashmina). Ada pula model hijab instan berbentuk square dan scarf. Bahan hijab produksi Arscarf merupakan kualitas premium. Mulai bahan viscose hingga organza premium. 

"Kita produksi secara bergantian modelnya supaya pembeli enggak bosan karena kita jualnya sistem PO yang sudah terjadwal jadi enggak bisa order harian atau dadakan," imbuh wanita berusia 23 tahun ini. 

Produksi hijab Arascarf memperkerjakan sepuluh orang karyawan. Melalui sistem order terjadwal inilah, Arma bisa memproduksi 650-2000 pcs hijab dalam waktu seminggu saja. 

Pembeli bukan hanya dari dalam negeri, ternyata Hongkong dan Taiwan mulai melirik hijab produksi Arma. Sayang, ia mengaku belum bisa melayani pembelian luar negeri lantaran belum paham masalah pengiriman barang. 

"Padahal pembeli yang dari luar negeri banyak sekali tapi akhirnya mereka order ditaruh rumahnya di Indonesia terus keluarganya yang ngirimin ke sana," tutur Arma. 

Produk hijab kualitas premium label Arascarf ini baru dipasarkan melalui akun Instagram resmi mereka yakni @arascarf. Sistem penjualan tidak menerapkan adanya reseller. Jadi, pembeli menghubungi di nomor line resmi Arascarf.

Lantas, berapa harga produk hijab besutan mahasiswi Malang ini? "Kita pakai bahan premium semua dan start harga mulai Rp 45 ribu sampai sekitar Rp 75 ribu ya paling mahal," pungkas Arma. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top