Dokter Kulit Asal Malang Ini Ungkap Rahasia Sederhana Usir Jerawat

Ilustrasi wajah berjerawat (foto via BBC)
Ilustrasi wajah berjerawat (foto via BBC)

MALANGTIMES - Pernah mengalami kulit berjerawat? Bila pertanyaan ini dikemukakan pada kaum hawa, agaknya jerawat dianggap menyebalkan. Yap, jerawat bisa membuat banyak wanita minder alias enggak percaya diri. 

Jerawat sendiri ialah sebuah kondisi kulit yang tidak normal. Saat itu, terjadi infeksi dan radang pada kelenjadi minyak pada kulit manusia.

Masalah kulit ini ditandai dengan bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. 

Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista.

Ngomongin soal jerawat gimana sih cara mengusir masalah kulit menyebalkan ini? Ternyata menurut dokter spesialis kulit asal Malang dr Sinta Murlistyarini SpKK ada langkah muda supaya Anda tidak mengalami masalah jerawat.

Pertama, menurut Sinta ialah mengurangi minyak pada wajah. Sebab jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland). Oleh sebab itu, kondisi ini menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit

"Minyak pada wajah harus dikurangi, bisa dengan pemakaian krim atau konsumsi obat. Misalnya obat yang efeknya mengurangi minyak misalnya punya kandungan benzoil peroksida, sulfur, asam salisilat, dan asam retinoat," jelas Sinta pada MALANGTIMES. 

Cara kedua dan ketiga cukup sederhana. Wah, ternyata Sinta menekankan untuk mengatur manajemen stress agar tidak mengalami masalah jerawat. Selain itu, penting pula untuk menghindari begadang.

"Atur manajemen stress soalnya jerawat timbul karena kondisi psikis kita stress juga bisa. Dan jangan begadang," tegas Sinta. 

Begadang menyebabkan produksi minyak di wajah meningkat drastis. Jika pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran maka terjadilah infeksi penyebab jerawat semakin parah. Oleh sebab itu, Sinta menekankan nemiliki kualitas tidur yang cukup agar terhindar dari jerawat. (*)

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top