Pekan Ini, Pesona Desa Wisata 2017 di Boon Pring Andeman Bakal Dibuka

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara ketika mengunjungi Desa Wisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang (foto: Istimewa)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara ketika mengunjungi Desa Wisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang (foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Pekan ini, tepatnya mulai (14-16/10/2017), Desa Wisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, menjadi tuan rumah perhelatan event akbar Pesona Desa Wisata 2017, sekaligus memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN).

Kegiatan Pesona Desa Wisata ini akan diikuti para pelaku wisata se-Indonesia untuk memperkenalkan potensi wisata di wilayahnya masing-masing.

Tak hanya itu saja, sebanyak 16 desa wisata yang sudah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Malang juga akan digeber dalam acara akbar tersebut.

Dalam hal ini, sebagai leading sector kegiatan dikomandoi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan event akbar skala nasional ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257, sekaligus memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.

Selain itu para pelaku wisata diberi kesempatan untuk memperkenalkan potensi desa wisata di masing-masing wilayahnya.

"Memang tahun ini digelar di Desa Wisata Boon Pring Andeman Sanankerto, tahun lalu kita gelar di Desa Wisata Pujon Kidul. Acaranya nanti dilaksanakan selama tiga hari mulai 14-16 Oktober 2017 dengan dimeriahkan beragam kesenian budaya tradisional yang juga memperkenalkan potensi pariwisata di Kabupaten Malang," kata Made kepada MalangTIMES.

Made mengungkapkan agar acara makin semarak dan meriah, akan ditampilkan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya festival kesenian, pameran produk kreatif potensi desa wisata Kabupaten Malang.

Kemudian, dilanjutkan dengan acara Blusukan Ndeso Boon Pring, sarasehan pariwisata kerakyatan dan menggelar 1001 tumpeng.

"Pastinya event ini masing-masing peserta akan menampilkan paket wisata, batik desa wisata, serta potensi desa wisatanya di Boon Pring Andeman. Potensi 16 desa wisata di Kabupaten Malang bertagline The Heart of East Java juga akan dipamerkan dan dipromosikan kepada pelaku wisata dan wisatawan yang berkunjung,” kata pria ramah itu.

Menurut Made target acara Pesona Dewi 2017 ini adalah untuk memperkenalkan profil desa wisata secara detil mulai dari fasilitas wisata untuk dipresentasikan kepada pelaku desa wisata lainnya.

Pastinya Pesona DeWi ini mampu mengangkat potensi wisata dan menyedot animo masyarakat luas untuk berkunjung ke desa wisata yang ada di Kabupaten Malang. 

"Kami punya desa wisata yang bagus seperti Pujon Kidul, Boon Pring Andeman, Gubuklakah, Pantai Bowele, Wisata Religi Gunungkawi dan beragam konsep desa wisata lainnya," akunya.

Program desa wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang ini pastinya pemerintah akan mendukung sekali. Sesuai visi dan misi Madep, Mantep dan Manetep yang terdiri dari tiga skala prioritas yaitu mengentaskan kemiskinan, mengelola lingkungan hidup, dan meningkatkan potensi pariwisata.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut nantinya bakal menyajikan beragam acara diantaranya mengenalkan tarian adat, kesenian budaya, bazar potensi wisata dari 16 Desa Wisata, kerajinan wisata, festival seni budaya.

Disamping itu, Desa Wisata Boon Pring Andeman terletak di sudut timur Desa Wisata Sanankerto yang menyuguhkan bentangan nuansa alam khas pedesaan. Dengan ciri khas keberadaan sumber mata air dan rimbunan pohon bambu menjadikan lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top