Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tren Kecelakaan di Kota Malang Menurun, Tak Lepas dari Peran Komunitas Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

04 - Oct - 2017, 12:12

Sepeda motor yang terlibat kecelakaan diamankan di gudang Unit Laka Polresta Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Sepeda motor yang terlibat kecelakaan diamankan di gudang Unit Laka Polresta Malang (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Polres Malang Kota merilis, angka kecelakaan di Kota Malang tahun 2017 mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kasus kecelakaan yang  terjadi selama kurun satu tahun sebanyak 235 kasus, dengan jumlah korban meninggal dunia 41 orang.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Dari 235 kasus tersebut, terdapat korban luka berat maupun luka ringan yang berjumlah 289 orang. Sedangkan untuk kerugian materi yang diderita dengan nilai Rp 201.600 juta.

Kanit Laka Polres Malang Kota, Iptu Junaedy mengungkapkan, menurunnya angka kecelakaan, berkat upaya berbagai pihak yang bersama-sama sadar untuk menjaga keselamatan masing-masing. Serta banyaknya relawan-relawan sosial, komunitas- komunitas motor yang memberikan pertolongan cepat kepada korban kecelakaan.

"Ya seperti melibatkan RJT (Readily Just Target atau Sigap Tepat Sasaran, red.) dan komunitas-komunitas sosial, komunitas-komunitas pecinta motor yang selalu membantu," jelasnya.

Pada tahun sebelumnya 2016, angka kecelakaan yang terjadi cukup tinggi, hingga tembus angka 338 kasus yang disebabkan oleh beberapa faktor.

"Faktor utamanya tetap adanya pelanggaran yang dilakukan pengendara yang menyebabkan kecelakaan, disusul dengan human error lupa memeriksa kondisi kendaraan, serta kecelakaan karena kekurang hati-hatian," paparnya.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Angka kecelakaan sendiri berkurang ya karena upaya berbagai pihak, di sisi petugasnya selalu tertib dalam menjaga keamanan lalulintas, namun di sisi lain, masyarakat sebagian juga sudah mulai sadar akan keselamatan berkendara," tambah Kanit Laka, Rabu (4/10/2017).

Lanjutnya, dengan jumlah kasus yang tembus 300 lebih tersebut, korban meninggal maupun korban luka serta kerugian materi pun cukup tinggi.

"Korban meninggal saja lebih dari 40 orang pada 2016 itu, korban luka juga melebihi 300 orang. Ini cukup memprihatinkan. Namun beruntung  saat ini sudah mulai menurun karena upaya berbagai pihak," ungkapnya.

 


Topik

Peristiwa Tren-Kecelakaan Kota-Malang Menurun


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus