Parade Egrang dan Grebeg 1.001 Tumpeng Meriahkan Pesona Desa Wisata Kabupaten Malang 2017

Keindahan alam yang dikelilingi ribuan pohon bambu di Desa Wisata Boon Pring Andeman Sanankerto, Turen, yang dijadikan tuan rumah event Pesona Desa Wisata Kabupaten Malamg 2017. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Keindahan alam yang dikelilingi ribuan pohon bambu di Desa Wisata Boon Pring Andeman Sanankerto, Turen, yang dijadikan tuan rumah event Pesona Desa Wisata Kabupaten Malamg 2017. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kegiatan Pesona Desa Wisata Kabupaten Malang 2017 yang digelar di Desa Wisata Boon Pring Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, pada 14-16 Oktober nanti bakal meriah. Acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-1257 Kabupaten Malang itu akan dimeriahkan dengan parade egrang dan grebeg 1.001 tumpeng.

Kepala Desa Sanankerto M. Subur saat dikonfirmasi MalangTIMES mengatakan ada beragam rangkaian kegiatan pada event Pesona Desa Wisata Kabupaten Malang di Desa Wisata Boon Pring Andeman mendatang. "Hari pertama akan dibuka oleh Bupati Malang Rendra Kresna, kemudiam dilanjutkan dengan permainan tradisional parade egrang dan sarasehan," kata Subur kepada MalangTIMES, Minggu (1/10/2017).

Lebih lanjut Subur menjelaskan, rangkaian hari kedua akan dilaksanakan kegiatan festival seni budaya. Di festival ini, masing-masing desa wisata yang hadir dalam kegiatan tersebut akan menampilkan potensi kesenian dan budaya yang dimiliki. "Jadi, setiap desa wisata menampilkan kesenianya atau kebudayaanya. Satu per satu tampil naik di atas panggung, " terangnya.

Sedangkan hari ketiga akan disemarakkan grebeg 1.001 tumpeng yang merupakan ciri khas tradisi secara turun-temurun warga Desa Sanankerto dalam memperingati selamatan (syukuran) desa yang diikuti kelompok masyarakat usai panen sawah. "Jadi, sekitar 23 RT di Desa Sanankerto warga harus membawa tumpeng besar yang ditandu oleh empat orang. Selain itu, warga lainnya membawa tumpeng kecil, lalu dimakan bersama. Tujuannya sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT," ucapnya.

Menjadi tuan rumah kegiatan Pesona Desa Wisata Kabupaten Malang, Subur mengajak seluruh komponen masyarakat, khusunya warga Desa Sanankerto, untuk mempromosikan wisata Boon Pring sebagai jujugan wisatawan yang memberikan kenyamanan, keamanan dan keramahan lingkungan.

"Ditunjuk sebagai tuan rumah yang baik, pastinya kami akan memberikan pelayanan dengan baik agar wisatawan nyaman dan betah sesuai prinsip Sapta Pesona. Apalagi yang datang nanti dari  berbagai kalangan masyarakat yang memiliki berbagai karakter dan perilaku yang berbeda," ungkapnya.

Ke depan, Desa Wisata Boon Pring Sanankerto terus melakukan pembenahan dan evaluasi mengenai  sumber daya, sinergitas seluruh elemen terkait, dan memperkuat koordinasi. "Desa Wisata Boon Pring Andeman akan kami kembangkan layaknya wisata bambu di Jepang. Tentunya kami akan amati, tiru, dan modifikasi (ATM) sesuai karakter alam Boon Pring. Tapi tidak meninggalkan tujuan utama, yaitu penyelamatan lingkungan sesuai visi dan misi bupati Malang menuju masyarakat Madep Mantep dan Manetep," beber dia.

Di samping itu, Desa Wisata Boon Pring Andeman terletak di sudut timur Desa Wisata Sanankerto yang menyuguhkan bentangan nuansa alam khas pedesaan. Keberadaan sumber mata air yang menjadi salah satu sumber kehidupan manusia, khususnya bagi masyarakat Desa Sanankerto, membuat desa itu asyik untuk dikunjungi.  (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top