Inovatif, Mahasiswa ITN Buat Sistem Keamanan Rumah dan Hemat Energi Listrik dengan Kendali SMS

Mahasiswa lulusan terbaik ITN(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Mahasiswa lulusan terbaik ITN(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES- Berlatar belakang seringnya masyarakat meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama dengan keadaan kosong tetapi kondisi listrik masih menyala, membuat mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memunculkan ide kreatif dengan membuat sistem keamanan dan efisiensi energi listrik yang bisa dikendalikan melalui sms.

Inovasi tersebut merupakan karya Riko Cahyo Prabowo, salah satu wisudawan terbaik ITN 2017. Ia memanfaatkan limitswitch alarm untuk sistem scurity rumah. Limitswitch alarm tersebut dipasang pada pintu maupun jendela serta jalur masuk rumah lainnya yang dilengkapi sensor. Dimana jika pintu atau jendela tersebut dibuka dengan tekanan, maka sensor tersebut akan aktif dan mengirimkan sinyal ke sebuah microcontroller arduino untuk menyalakan alarm.

"Ketika ada yang membuka pintu atau jendela dengan tekanan keras, maka microcontroller arduino akan mengirimkan SMS ke nomor pemilik berisi peringatan pintu atau jendela ada yang terbuka," papar Riko Cahyo Prabowo salah satu wisudawan terbaik ITN 2017.

Sementara itu, untuk sistem efisiensi energi listrik, menggunakan sensor penangkap pencahayaan sekitar. Bila pencahayaan sekitar dalam keadaan gelap, maka sensor akan menyalakan lampu per grup.

"Dengan menggunakan SMS, nantinya lampu yang menyala bisa dimatikan secara otomatis, tinggal mengirimkan perintah ke mikrokontroler yang telah diseting," ungkap mahasiswa Asal Blitar.

Ia juga menyampaikan, lebih memilih menggunakan sistem SMS pada projectnya bukan tanpa alasan. Ia menilai digunakannya sistem SMS lebih efektif, murah dan cepat dibandingkan dengan sistem yang menggunakan jaringan internet.

"Internet di Indonesia kecepatannya masih belum bagus. Karenanya untuk masalah yang itu merupakan hal penting seperti keamanan pada rumah lebih baik tidak menggunakan internet," jelasnya kepada MalangTIMES, Kamis (28/9/2017).

Untuk kelebihan dibanding dengan sistem smartphome lainnya, sistem yang ia buat lebih efisien dan murah, dimana dalam penggunaannya hanya menggunakan SMS dan tidak menggunakan banyak biaya serta jaringan internet yang bisa mahal maupun kecepatan yang tidak stabil.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top