Wisuda ke- 58 Periode II, ITN Telurkan 20 Mahasiswa Lulusan Terbaik

Mahasiswa wisudawan lulusan terbaik ITN yang melakukan paparan tugas akhirnya (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Mahasiswa wisudawan lulusan terbaik ITN yang melakukan paparan tugas akhirnya (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES- Tahun ini Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhasil menelurkan 20 mahasiswa yang menjadi lulusan terbaik pada Wisuda ke 58 periode II tahun 2017 yang akan digelar pada 30 September 2017. 

20 mahasiwa dari 702 wisudawan tersebut enam berasal dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, 12 dari Fakultas Teknologi Industri serta dua dari Program Pascasarjana.

Para lulusan terbaik tersebut memiliki Indeks Prestasi Komulatif (IPK) terendah 3,50 dan yang paling tinggi adalah 3,97. Dalam tugas akhirnya, 20 mahasiswa lulusan terbaik tersebut, juga mengangkat tema penelitian akhir yang cukup kreatif dan inovatif.

Salah satunya Inayah Nur'aini Latifah, mahasiswa asal Probolinggo jurusan D3 Teknik Mesin ini mengangkat judul skripsi Modifikasi Engine Disability Car Menggunakan Mesin GY6 125 CC. Dengan mobil modifikasi yang memakai mesin motor matic tersebut bisa membantu kaum disabilitas yakni dengan memudahkan mereka menaiki sebuah mobil langsung dengan kursi rodanya.

"Ya kan ini bisa lebih melindungi, lebih tertutup, mereka bisa masuk bersama kursi rodanya. Di dalamnya juga terdapat pengunci supaya kursi mereka tidak bergeser," jelas gadis kelahiran Probolinggo ini. 

Selain Inayah, juga terdapat lagi mahasiswa lulusan terbaik lainnya yang menghasilkan karya yang cukup kreatif, yakni Riko Cahyo Prabowo yang membuat sistem pengamanan dan efisiensi rumah yamg bisa diperintahkan dengan pesan SMS.

Ada lagi yakni Irwan Anggara yang membuat semacam sistem telpon yang menggunakan VoIP dengan tingkat delay yang cukup rendah. Sistem ini sendiri marak digunakan pada sistem-sitem besar, seperti Whatsapp.

"Jadi kalau pakai sistem ini, maka tidak perlu lagi menggunakan pesawat telpon. Cukup berada dalam satu jaringan yang sama, tinggal instal aplikasi dan pasang headset," ujarnya saat presentasi hasil karya tugas akhir bersama kandidat mahasiswa terbaik lainnya, Kamis (28/9/2017).

Untuk daftar mahasiswa lulusan terbaik pertama berasal dari Program Pascasarjana jurusan Teknik Sipil/ Manajemen Konstruksi atas nama Amir dengan IPK 3,97. Disusul kedua dari jurusan Teknik Industri/ Manajemen Industri atas nama Mohamad Rachman Waluyo dengan IPK 3,71.

Untuk Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, terdapat 6 mahasiswa yang menjadi lulusan terbaik yakni Agnes Wijayanti dengan IPK 3,67, Retno Anggraningtyas dengan IPK 3,59, Moh. Syahru Romadhon Sholeh IPK 3,50, Dwiki Purwacaraka IPK 3,68, Kadek Sukma Apryandaka IPK 3,54 dan Evelin Novitasari IPK 3,69.

Sedangkan untuk Fakultas Teknologi Industri ada 12 mahasiswa lulusan terbaik, yakni Idham Haqqi IPK 3,60, Aga Dia Priasmoro IPK 3,85, Frisai Wicaksono IPK 3,80, Irwan Anggara IPK 3,77, Budi Irawan IPK 3,71, Muhammad Risky IPK 3,70, Reynaldo Emanuel Loudoe IPK 3,29, Waelmy Artiana Purwoningrum IPK 3,78, Muhammad Hanif Alqorni IPK 3,77, Inayah Nur'aini Lathifah IPK 3,54, Riko Cahyo Prabowo IPK 3,66, dan terakhir Mywa Adi Nugroho IPK 3,63.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top