Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

26 Rumah Warga Tirtoyudo Dihajar Banjir dan Tanah Longsor

Penulis : Dede Nana - Editor : Heryanto

27 - Sep - 2017, 21:12

Banjir dan tanah longsor di desa Purwodadi, Tirtoyudo menyebabkan 26 rumah rusak. Terlihat sisa tanah longsor yang menghantam rumah warga, Rabu (27/09) (Istimewa)
Banjir dan tanah longsor di desa Purwodadi, Tirtoyudo menyebabkan 26 rumah rusak. Terlihat sisa tanah longsor yang menghantam rumah warga, Rabu (27/09) (Istimewa)

MALANGTIMES - Kembali, wilayah Kecamatan Tirtoyudo dilanda bencana banjir bandang, Rabu (27/09). Sebagai wilayah yang masuk dalam peta rawan bencana banjir dan longsor, warga Tirtoyudo menjadi akrab dengan bencana.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Walaupun  bencana banjir dan longsor yang kembali melanda tidak sampai merenggut korban jiwa, kerugian material menjadi tak terelakkan oleh warga.

Kali ini,  banjir dan longsor yang menimpa Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo meninggalkan kerugian yang cukup besar. 26 rumah warga mengalami kerusakan dengan tingkat berbeda-beda.  

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, 26 rumah rusak tersebut rinciannya adalah 1 rumah rusak berat, 3 rumah rusak sedang, 6 rumah rusak ringan dan 16 rumah terdampak banjir yang disertai tanah longsor .

"Sementara data yang dikumpulkan seperti itu. Dan sampai saat ini korban jiwa juga tidak ada,"kata Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan.

Kronologis terjadinya banjir dan diiringi tanah longsor ini, menurut beberapa penuturan warga setempat, terjadi sekitar dini hari, yaitu pukul 01.00 WIB.

"Sudah dua hari kemarin mulai kembali hujan lagi. Tapi hujan tadi dini hari sangat lebat sekali, walau pun cuma hitungan jam saja,"kata Irsyan Maulana (45) warga Purwodadi, Tirtoyudo.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

Rentannya wilayah Tirtoyudo atas bencana banjir dan tanah longsor, memang tidak bisa dihindari warga. Usaha untuk mengembalikan pepohon sebagai pengikat tanah dan air, juga sudah dilakukan.

Walaupun tentunya belum bisa secara maksimal membendung datangnya banjir dan longsor yang disebabkan banyaknya pepohon telah hilang dan beralih fungsi.

Usaha menjadikan desa tangguh bencana yang terlihat cukup efektif. Hal ini terlihat dari data bencana sepanjang tahun 2016 di berbagai wilayah Kabupaten Malang yang bisa terbilang minim korban jiwa.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dan relawan gabungan telah diterjunkan di lokasi bencana. Mereka terus mendata akibat bencana banjir dan tanah longsor.

“Iya, kita terus mendata di lokasi. Sekaligus terus berupaya memberikan bantuan yang diperlukan warga,” ujar mantan Kasatpol PP Kabupaten Malang. Hingga berita ditulis, belum ada informasi lebih lanjut terkait kebutuhan dan bantuan logistik warga yang terdampak banjir dan tanah longsor.


Topik

Peristiwa Banjir Tanah-Longsor desa-Purwodadi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Heryanto