Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Taman Kota Sepanjang Bandara Abdulrachman Saleh Kinclong setelah "Dikepung" Punggawa Cipta Karya Kabupaten Malang

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

27 - Sep - 2017, 14:05

Taman kota sepanjang Bandara Abdulrachman Saleh, Pakis, dibersihkan punggawa kebersihan dari UPT Pengelolaan Taman DPKPCK dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Rabu (27/09). (for MalangTIMES)
Taman kota sepanjang Bandara Abdulrachman Saleh, Pakis, dibersihkan punggawa kebersihan dari UPT Pengelolaan Taman DPKPCK dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Rabu (27/09). (for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pembangunan dan pemeliharaan taman kota terus diintensifkan Dinas Perumahaan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang melalui UPT Pengelolaan Taman. Program itu, selain bentuk penerapan keindahan dari taman kota yang telah menjadi oase masyarakat, juga sebagai wujud gerakan bebas sampah, terutama untuk fasilitas-fasilitas umum (fasum), tahun 2020.

Baca Juga : Selamat !! Satu Pasien Positif Corona di Lumajang Dinyatakan Sembuh

Pemeliharaan taman di antaranya terlihat dari gerakan bersih-bersih taman kota yang dilakukan UPT Pengelola Taman di sepanjang jalan Bandara Abdulrachman Saleh, Kecamatan Pakis, Rabu (27/09). Aksi bersih-bersih taman kota yang merupakan program rutin di DPKPCK Kabupaten Malang itu menjadi bagian prioritas kerja di dinas yang dikomandani Wahyu Hidayat tersebut.

"Ini kerja rutin pengelola taman yang terus ditingkatkan frekuensi dan jumlah personelnya. Taman kota menjadi bagian yang kini tidak bisa diabaikan keberadaannya," kata Wahyu kepada MalangTIMES.

Di taman kota sepanjang Jalan Bandara Abdulrachman Saleh, tim pengelola taman menerjunkan 20 orang untuk membersihkan sampah. Bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), para punggawa penjaga kebersihan ini bahu-membahu membersihkan sampah di taman. Baik sampah dari dedaunan yang kini mulai masuk musim gugur maupun sampah yang dibuang orang. Aksi tersebut membuat jalan bandara menjadi makin kinclong.

Aksi bersih-bersih taman juga merupakan bagian dari implementasi program Bupati Malang Dr H Rendra Kresna yang mencanangkan bebas sampah di wilayahnya. "Betul. Ini juga sebagai bentuk dari penerapan kebijakan Pak Bupati. Kegiatan bersih-bersih ini terlihat sepele tapi sangat penting dampaknya bagi kesehatan dan lingkungan hidup," terang Wahyu.

DPKPCK Kabupaten Malang yang sedang giat memfungsikan lahan-lahan tidur, terutama sepanjang sepadan sungai, untuk dijadikan ruang terbuka hijau (RTH) berbentuk taman. Meski begitu, DPKPCK juga fokus pada pemeliharaan taman.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Kebersihan taman yang sebagian besar kini menjadi ruang relaksasi dan wisata masyarakat, baik dalam maupun luar daerah, seperti Taman Kehati, Taman Puspa, Taman Bumi Arema, lembah hijau, serta lainnya yang luasnya mencapai 1.010.568 m2, menjadi hal penting. Keindahan taman sangat bersanding dengan kebersihan. Tanpa adanya kebersihan, sebagus apa pun taman yang telah dibangun, tidak akan menghasilkan daya guna bagi masyarakat dan lingkungan.

"Landasan-landasan inilah yang membuat kami berkomitmen untuk menjaga kondisi taman kota yang sudah ada. Penambahan taman lainnya tentu juga menjadi program kami,"terang Wahyu.

Seperti diketahui produksi sampah terbesar di Kabupaten Malang, menurut data Dinas Lingkungan Hidup, berada di Kecamatan Singosari, yaitu  346 m3/hari, serta Kecamatan Pakis sebanyak 284 m3 per hari. Total produksi sampah masyarakat Kabupaten Malang tahun 2016 sebanyak 5.114 m3 per hari.

Dari data tersebut, para punggawa kebersihan dari DPKPCK dan DLH Kabupaten Malang terus mengintensifkan giat bersih-bersih di taman kota dan fasum lainnya. (*)


Topik

Peristiwa Taman-Kota Bandara-Abdulrachman-Saleh DPKPCK-Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus