Reog Universitas Brawijaya Rebut Juara Umum Lomba Seni Tingkat Nasional

Penampilan reog UB(ist)
Penampilan reog UB(ist)

MALANGTIMES '- Universitas Brawijaya ( UB) Malang tidak hanya bertabur prestasi. UB juga moncer di bidang seni, yakni reog.

Dengan tarian reog yang mereka bawakan, Unit Karawitan dan Tari (Unitantri) UB berhasil meraih juara umum Festival Reog Ponorogo tingkat nasional pada XXIV/2017.

Dalam kompetisi itu, UB berhasil memetik kemenangan pada beberapa kategori. Masing-masing kategori penyaji unggulan terbaik, penata tari terbaik atas nama Maulita Mega Untari  mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta penata iringan terbaik atas nama Muhammad Bayu Aji Pradana, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) 

Pimpinan produksi kesenian reog UB Muhammad Bayu Aji Pradana mengatakan untuk mengarungi festival tersebut, pihaknya telah melakukan latihan keras yang cukup memakan waktu panjang. Tak kurang sembilan bulan waktu yang dihabiskan untuk bisa meraih prestasi ini.

"Untuk penilaian, memang ada tiga kriteria yang dinilai, yakni wiroso (penjiwaan karakter), wirogo (pengaplikasian gerak), dan wirama (keselarasan musik)," ungkap pimpinan kesenian reog UB tersebut(24/9/2017)

Anggota tim yang diterjunkan memag kebanyakan adalah mereka dari daerah Ponorogo. Sehingga sejak dini, mereka sudah terbiasa dengan kesenian reog Ponorogo yang akhirnya bisa mereka bawakan dengan baik.

Untuk anggota tim reog yang ditampilkan ada 89 orang. Semua benar-benar kompak dan memiliki visi yang sama Diitambah latihan keras, semakin memperlancar penampilan mereka saat festival.

Sementara itu, Festival Reog Ponrogo XXIV merupakan kompetisi kesenian yang memang bisa diikuti oleh peserta umum. Pada tahun ini, ada sekitar 26 tim yang terdiri dari berbagai kalangan, seperti siswa sekolah, mahasiswa.

"Untuk durasi penampilan sekitar 25 menit. Pesaing terberat dari DKI Jakarta, tim Pawargo. Mereka sudah senior dan punya pengalaman luar biasa, sehingga tak heran jadi lawan berat," pungkasnya.

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Aditya Fachril Bayu
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top