Panen Bawang Merah Kabupaten Malang Meningkat 50% Lebih, Ini Rahasianya

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Nasri Abdul Wahid (tengah) (Foto: Hendra Saputra/ MALANGTIMES)
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Nasri Abdul Wahid (tengah) (Foto: Hendra Saputra/ MALANGTIMES)

MALANGTIMES- Panen raya bawang merah di Desa Tawangargo, Karangploso, Kabupaten Malang berhasil mencapai 13 ton per hektare di tahun ini. Hasil tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang rata-rata hanya menghasilkan 8 ton per hektare.

"Keberhasilan panen bawang merah ini mengalami peningkatan setelah dibukanya perluasan penanaman di 9 kecamatan di Kabupaten Malang," ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Nasri Abdul Wahid.

Menurutnya ini membuktikan perluasan kawasan di Kabupaten Malang cukup berhasil. Padahal ke 9 area perluasan tidak semua dilakukan di dataran tinggi.

"Kami menanam bawang di 9 kecamatan itu ada yang dataran tinggi, tengah dan datar. Ini adalah yang tengah dan nyatanya berhasil. Turen juga berhasil 9 ton, kemudian Pucung kemarin pembagian air," papar Nasri saat ditemui di Tawangargo.

Program 96 ton dari 96 hektare yang digalakkan Dinas Pertanian Kabupaten Malang sedikit demi sedikit meningkat seiring semangat bersama yang diusung para kelompok tani.

Dalam panen kali ini Nasri Abdul Wahid mengharap penjualan lebih meningkat dibanding tahun lalu yang selalu kesulitan pasca panen.

"Saya yakin dengan panen 13 sampai 17 ton 70 hari, cukup untuk mengatasi kemiskinan, minimal bisa setara UMR (Upah Minimum Regional, red.)," katanya.

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top