Inilah Juara Lomba Ajang Festival Budaya Titisan Ragam Budaya Singhasari

Salah satu peserta menampilkan Tari Topeng Malangan di ajang Festival Budaya Titisan Ragam Budaya Singhasari di Lawang. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Salah satu peserta menampilkan Tari Topeng Malangan di ajang Festival Budaya Titisan Ragam Budaya Singhasari di Lawang. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES – Dalam rangka uri-uri dan melestarikan kesenian budaya di Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bekerja sama dengan Graha Wiyata Outbond Wisata Agro Taman Lawang menggelar beragam perlombaan. Mulai dari Tari Topeng Malangan, fotografi kota tua di Lawang, hingga lomba kreasi onde-onde yang dikemas dalam Festival Budaya Titisan Ragam Budaya Singhasari.

 

Acara bertajuk North Malang Culture and Heritage yang digelar di Aula Graha Wiyata Outbond Wisata Agro Taman Lawang pada Minggu, (17/9/2017) itu sudah menghasilkan nama juaranya. Salah satunya juara Tari Topeng Malangan akan ditampilkan di HUT Ke-72 RI yang dilaksanakan di Kecamatan Lawang pada 23 September mendatang.

 

Panitia lomba Tari Topeng Malangan, Agustya Suci Rahayu, mengatakan lomba Tari Topeng Malangan dibagi tiga kategori pelajar SD, SMP dan SMA di Festival Budaya Titisan Ragam Budaya Singhasari. “Acara 23 September nanti. Juara Tari Topeng Malangan tingkat SD di antaranya juara I diraih Sanggar Tari Sena, juara II Sanggar Tari Turen, dan juara III oleh penari Fitri Dhini Silvania. Ketiga grup tari inilah yang akan tampil di acara tersebut,” kata perempuan yang akrab disapa Suci ini kepada MalangTIMES, Minggu (17/9/2017) sore.

 

Suci menjelaskan peserta yang mengikuti lomba Tari Topeng Malangan wajib menampilkan Tari Bapang dan Grebeg Sabrang yang merupakan tarian khas Malangan tersebut. Tak hanya itu saja. Peserta tari tak hanya diikuti dari Kabupaten Malang. Bahkan perwakilan dari Kota Malang juga turut menjadi peserta.

 

“Antusias peserta lomba tari sangat tinggi. Dari lomba tari tingkat SMP, juara II dari sekolah asal Tumpang. Juara I kategori tingkat SMP diraih SMP 1 Singosari dan juara III diraih SMA Negeri 1 Singosari yang diikutkan kategori tingkat SMP. Lalu, kategori SMA diraih Al Irsyad Tumpang, juara II SMK NMC Malang, dan juara III SMA PGRI Lawang,” jelasnya.

 

Di samping itu, untuk lomba kreasi onde-onde dari 25 peserta, juara I diraih oleh Nurwaningsih, Desa Sidodadi, Lawang. Juara II Seliana, warga Desa Sidodadi, Lawang. Dan juara III oleh Miftah dari SMA PGRI Lawang. Sedangkan untuk lomba fotografi kota tua Lawang, kategori pemula diraih Dhana (foto Stasiun Lawang), Fanny F (foto rumah tua Ngamarto Lawang) dan Aji Said (foto gereja tua di PDAM Lawang).

 

Untuk lomba fotografi, kategori profesional diraih Yovie ( foto rumah tua Sumberwaras), M. Raffif ( foto villa tua Lawang) dan Arif Rahman (foto gedung pramuka Sumberwaras). (*)

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Aditya Fachril Bayu
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top