Anda Pasti Tidak Menyangka, Ini yang Dirasakan Saat Terapi Ikan di Wisata Sumber Krabyakan

Para pengunjung menikmati fasilitas kesehatan terapi ikan di Desa Wisata Sumber Krabyakan, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Para pengunjung menikmati fasilitas kesehatan terapi ikan di Desa Wisata Sumber Krabyakan, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bila badan Anda merasa pegal, capek dan banyak pikiran, sesekali waktu tak perlu pergi terapi ke dokter dan mengeluarkan biaya besar.

Sempatkan waktu untuk melakukan terapi ikan di Desa Wisata Sumber Krabyakan, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Anda cukup menyiapkan kocek Rp Rp 3 ribu saja untuk bisa menikmati terapi ikan ditambah tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.

Saat Media Online Berjejaring Terbesar di Indonesia ini berkunjung ke lokasi wisata ini, Minggu (17/9/2017) melihat setidaknya ada 8 kolam terapi ikan berukuran sekitar 3x4 meter yang disiapkan khusus untuk wisatawan.

Untuk memulai terapi, Anda cukup melepas alas kaki lalu mencelupkannya ke kolam terapi ikan. Sembari duduk santai dan melihat suasana di sekeliling area wisata ikan-ikan itu akan memanjakan kaki Anda hingga akan merasa rileks. 

Semakin penasaran dengan terapi ikan, akhirnya wartawan MalangTIMES membuktikan langsung khasiat terapi ini.

Ketika kaki dimasukkan ke kolam terapi ikan, sontak ratusan bahkan ribuan ikan mengkerubutinya, seolah-olah ikan menemukan umpan makanan lezat.

Sensasi digigit puluhan ikan itu, rasanya seperti dialiri listrik statis mirip pijat listrik atau terapi elektrik.

Memang awalnya terasa geli, namun lama-kelamaan enak dan tak terasa sakit sedikitpun. Suasana rileks dan santai kami rasakan setelah beberapa menit digigit ikan-ikan itu. Anda yang mengidap penyakit stroke disarankan mencoba terapi kesehatan ini.

Anik Rahmawati, salah satu pengunjung mengatakan terapi ikan ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan membuat nyaman pikiran.

"Awalnya takut mas, karena saya tak kuat menahan rasa geli. Tapi usai kaki direndam ke dalam kolam lama-lama rasanya enak digigit banyak ikan," kata Anik sembari tersenyum.

Anik mengungkapkan baru kali pertama melakukan terapi ikan di Wisata Sumber Krabyakan. Pasalnya, di wisata lain belum ada fasilitas yang menyuguhkan terapi kesehatan seperti ini.

"Saya ke tempat wisata lain jarang ada yang menyediakan terapi kesehatan ikan seperti di sini. Apalagi manfaatnya sangat banyak mas, selain itu bayarnya murah lagi," ucap perempuan berhijab tersebut.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa terapi ikan membuat tubuh menjadi lebih segar. Gigitan ikan-ikan pada kaki  akan membuatnya lebih nyaman dan ringan. 

Jenis Ikan untuk terapi tersebut salah satunya adalah Ikan jenis Gara Rufa berasal dari Turki dan Ikan Nilem yang dari Indonesia. 

Selain itu, terapi ikan mampu menjaga kesehatan kulit akibat sel yang mati, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan bekas luka, dan membuat pikiran rileks.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top