Terbukti Edarkan Pil PCC, Dinkes Kota Malang Ancam Cabut Izin Apotek Plus Apotekernya

Kepala Dinkes Kota Malang Asih Tri Rachmi Nuswantari (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Dinkes Kota Malang Asih Tri Rachmi Nuswantari (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengancam memberi sanksi tegas berupa pencabutan izin kepada apotek yang terbukti mengedarkan pil Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC) yang belakangan banyak memakan korban di sejumlah daerah. 

Kepala Dinkes Kota Malang Asih Tri Rachmi mengatakan saat ini di Kota Malang belum ada temuan penyalahgunaan PCC.

Namun jika sampai ada apotek yang terbukti mengedarkan pil ini maka pihaknya akan langsung mencabut izin usahanya.

"Ya jelas akan dapat sanksi tegas, izin apotiknya bisa kami cabut, termasuk apotekernya. Ini bukan main-main karena menyangkut nasib generasi muda ke depan," paparnya.

Menurutnya, pil tersebut termasuk kategori obat keras yang biasa digunakan sebagai penghilang rasa sakit, obat jantung maupun sebagai penenang yang digunakan dokter jiwa.

"Karenanya dalam peredarannya harus diawasi. Bu Menteri Kesehatan sendiri juga sudah mencabut izin edarnya, maka maka kami akan terus memantau Kota Malang agar tak ada penyalahgunaan PCC," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nila Moelok melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) telah mengirimkan tim ke Kendari, Sulawesi Tenggara untuk menyelesaikan dan memantau permasalahan ini.

"Tim akan melakukan pemantauan dan berkordinasi dengan pihak kepolisian. Karena kasus ini sangat kompleks bukan hanya permasalahan kesehatan," tandasnya saat dalam kunjungan ke Kota Malang (16/9/2017).

Karena persoalan ini sangat kompleks khususnya terkait maksud dan tujuan peredaran obat yang izin edarnya sudah dicabut ini, lanjutnya, pihaknya berharap kepolisian bisa segera mengusutnya.

"Dalam persoalan ini polisi juga harus terlibat, karena masalah ini berdampak pada keamanan dan sudah membuat resah masyarakat ," pungkasnya.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top