KPK OTT Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (6)

KPK Tetapkan Tiga Tersangka Termasuk Wali Kota Batu Eddy Rumpoko

Gelar perkara yang dilakukan KPK di Jakarta, Minggu (17/9/2017) (Foto : Istimewa)
Gelar perkara yang dilakukan KPK di Jakarta, Minggu (17/9/2017) (Foto : Istimewa)

BATUTIMES - Setelah melakukan pemeriksaan selama 1x24 jam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan tiga orang tersangka terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukannya di Kota Batu, Sabtu (16/9/2017) sore.

Ketiga tersangka yang dimaksud adalah Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Kepala Bagian Layanan dan Pengadaan Pemkot Batu Edi Setiawan (EDS), dan seorang pengusaha bernama Philip (PHL).

"Kami menyimpulkan bahwa telah terjadi tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau fee pengadaan proyek di Pemkot Batu. Oleh karena itu, status kasus ini kami tingkatkan menjadi penyidikan dan menetapkan 3 orang tersangka," ujar Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif dalam jumpa di Kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (17/9/2017).

Selain mengumumkan para tersangka dalam kasus ini, KPK juga membeberkan kronologis penangkapan orang nomor satu di Pemkot Batu tersebut.

Sabtu (16/9/2017) sekitar pukul 12.00 WIB telah terjadi transaksi suap sebesar Rp 100 juta dari pengusaha bernama Philip kepada Kepala Bagian Layanan dan Pengadaan Pemkot Batu Edi Setiawan (EDS).

Setelah itu, sekitar pukul 12.45 WIB Philip bergegas ke rumah dinas Wali Kota Batu Eddy Rumpoko untuk menyerahkan uang sebesar Rp 200 juta dalam pecahan Rp 50 ribuan.  

KPK juga sempat membuntuti Edi Setiawan dan mengamankannya bersama seorang temannya.

Sekitar pukul 13.30 WIB KPK menangkap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko bersama seorang pengusaha bernama Philip yang menjadi rekanan proyek mebeler di Pemkot Batu.

Sekitar pukul 20.25 WIB, Eddy Rumpoko bersama tiga orang lain tiba di Jakarta dan langsung menjalani pemeriksaan intensif di Kantor KPK Jakarta.

Minggu (17/9/2017), KPK menetapkan tiga tersangka dalam kasus ini termasuk Wali Kota Batu Eddy Rumpoko

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top