Dalam Radius 1 KM, Masyarakat dan Wisatawan Dilarang Dekati Gunung Bromo

Gunung Bromo kini masuk status Waspada atau level II. Masyarakat, pendaki dan wisatawan dihimbau agar tidak mendekati kawah gunung dengan radius 1 km. (Foto via google image)
Gunung Bromo kini masuk status Waspada atau level II. Masyarakat, pendaki dan wisatawan dihimbau agar tidak mendekati kawah gunung dengan radius 1 km. (Foto via google image)

MALANGTIMES - Bagi masyarakat khususnya wisatawan yang akan mengunjungi Gunung Bromo di bulan ini, siap-siap untuk tidak bisa menikmatinya dari dekat.

Pasalnya, aktivitas Gunung Bromo dari pantauan Pos Pengamatan Gunungapi Bromo telah masuk level II atau waspada. Artinya, masyarakat dan wisatawan menjadi sangat berbahaya apabila terlalu dekat dengan kawah aktif Gunung Bromo.

Larangan pun di keluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral terhadap masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengujung, wisatawan, pendaki agar tidak  memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif.

Dari laporan PVMBG, aktivitas gunung Bromo terus mengeluarkan suara gemuruh dari kawah. Gempa juga terus terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm yang didominasi 1 mm atau tremor menerus (Microtremor).

"Dari tanda-tanda tersebut, kesimpulan kita aktivitas gunung masuk level II,"terang Ahmad Subhan dari Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Bromo.

Peringatan tersebut direspon positif oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang dengan menghimbau masyarakat, khususnya para wisatawan yang akan ke gunung Bromo melalui Kabupaten Malang untuk mematuhi rekomendasi terkait.

"Kita imbau untuk semua, terutama wisatawan atau pendaki agar mengikuti larangan yang telah dikeluarkan resmi tersebut,"kata Made Arya Wedanthara, Kadisparbud Kabupaten Malang.

Dari laporan yang diterima, ada 18 gunung api aktif di Indonesia dari 127 yang terus dipantau oleh Badan Geologi, PVMBG secara menerus 24 jam/hari.

"Gunung bromo yang jadi 10 destinasi wisata unggulan tahun ini, memang masuk status level II,"ujar Made kepada MalangTIMES.

Berikut status gunung api yang patut diwaspadai oleh para pendaki maupun wisatawan, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Malang.

Status Awas atau level IV adalah gunung Sinabung, Sumatera Utara (Sumut), di level II atau Waspada ada di 17 gunung api yaitu Marapi, Kerinci, Dempo, Anak Krakatau, Semeru, Bromo, Rinjani, Sangeangapi, Rokatenda, Soputan, Lokon, Karangetang, Gamalama, Gamkonara, Ibu, Dukono, dan Banda Api. Sisanya 51 gunung api sampai saat ini statusnya normal atau level 1.

Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top