Belum Genap Setahun, Omzet Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang Sudah Mencapai Rp 3,5 Miliar

Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul Kabupaten Malang banyak dikunjungi wisatawan untuk mengisi liburan. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Desa Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul Kabupaten Malang banyak dikunjungi wisatawan untuk mengisi liburan. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES – Sejak ditetapkan menjadi salah satu dari 16 Desa Wisata Desa Wisata (DeWi) oleh Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon menunjukkan perkembangan yang luar biasa dari sisi pendapatan.

Mulai awal dibuka pada November 2016 lalu hingga sekarang ini Desa Wisata Pujon Kidul sudah meraup omzet sekitar Rp 3,5 miliar.

Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko membenarkan bahwa setelah ditetapkan menjadi desa wisata sejak November tahun lalu sampai sekarang, total pendapatan dari kunjungan wisatawan mencapai Rp 3,5 miliar.

“Pendapatan wisata Pujon Kidul sampai bulan ini sekitar Rp 3,5 miliar,” kata Udi Hartoko kepada MalangTIMES, Sabtu (16/9/2017) sore.

Udi menjelaskan pendapatan yang dihasilkan wisata berbasis masyarakat itu didapat dari objek wisata Cafe Sawah yang berada di Dusun Krajan yang menonjolkan keindahan potensi alam tersebut.

“Omzet yang masuk dikelola oleh unit desa yang merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera Desa Wisata Pujon Kidul. Kami berharap setiap tahun omzetnya meningkat,” terang pria ramah itu.

Lebih lanjut Udi menerangkan dana wisata yang masuk akan dikelola dan digunakan untuk pengembangan wisata sarana dan prasarana di Pujon Kidul.

“Dana yang masuk itu kita buat untuk pengembangan kekurangan yang ada di wisata itu, mulai dari penambahan spot wahana hingga perlengkapan pendukung fasilitas wisata Pujon Kidul,” papar dia panjang lebar.

Kemudian, dari Pendapatan Asli Desa (PADes) yang dihasilkan dari wisata tersebut dan sudah masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sudah mencapai ratusan juta rupiah.

“Dari PADes itu dana yang sudah masuk ke APBDes sudah lebih dari Rp 100 juta mas. Kami akan terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, yang nantinya akan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

Disamping itu, jumlah kunjungan wisatawan di wisata Pujon Kidul di akhir pekan (weekend) mencapai 2.700 orang dari berbagai daerah bahkan sebagian merupakan wisatawan mancanegara. Untuk hari biasa berkisar antara 400 sampai 500 orang.

Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top