Wow, Wilayah Lawang Kabupaten Malang Bakal Jadi Wisata Kota Tua

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara memberikan sambutan di acara festival budaya titisan ragam budaya Singhasari di Lawang (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara memberikan sambutan di acara festival budaya titisan ragam budaya Singhasari di Lawang (foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wilayah Kabupaten Malang menyimpan beragam wisata maupun bangunan tua bersejarah, salah satunya di Malang Utara yang berada di kawasan Kecamatan Lawang.

Karena itu Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan mengangkat wilayah Lawang menjadi destinasi wisata kota tua bersejarah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan sangat mendukung keinginan masyarakat Kabupaten Malang khususnya di wilayah Kecamatan Lawang untuk menjadikan destinasi wisata kota tua bersejarah pihaknya.

"Kami dari pemerintahan sangat mendukung inovasi dan keinginan masyarakat menjadikan Lawang sebagai wisata kota tua bersejarah. Saya menilai terdapat banyak bangunan tua zaman kolonial Belanda yang bisa dijadikan objek wisata," kata Made saat ditemui MalangTIMES usai membuka Festival Budaya Titisan Ragam Budaya Singhasari bertajuk North Malang Culture and Heritage yang digelar di Aula Graha Wiyata Outbond Wisata Agro Taman Lawang, Sabtu (16/9/2017). 

Untuk menjadikan Lawang sebagai kota tua bersejarah, menurutnya masyarakat terlebih dahulu harus menyusun strategi dan konsep yang matang yang mampu menjadi daya tarik wisawatan.

"Masyarakat harus mengkonsep dulu, mau diarahkan kemana maksud dan tujuan Lawang kota tua bersejarah. Misalkan bangunan tua yang memiliki sejarah itu dipercantik dengan hiasan tematik atau seperti apa. Kami akan mendukung sekali inisiatif warga, terlebih nantinya akan kami promosikan potensi wisata itu kepada wisatawan," ungkap pria asal Bali tersebut.

Made menilai wilayah Lawang terdapat potensi wisata yang sangat menarik selain wilayahnya yang dikelilingi dengan keindahan bentang alamnya yang asri. 

"Wilayah Lawang memiliki potensi wisata yang luar biasa sekali dalam mendatangakan wisatawan diantaranya objek wisata Agro Wisata Kebun Teh Wonosari, Agro Petik Madu dan wisata alam lainnya. Serta objek wisata sejarah peninggalan Kerajaan Singhasari yang mampu menyedot animo wisatawan," paparnya. 

Disamping itu, Made menjelaskan sesuai dengan visi dan misi Bupati Malang, Rendra Kresna yang memprioritaskan untuk mengembangkan pariwisata, mengentaskan kemiskinan dan melestarikan lingkungan dalam menuju masyarakat Madep Mantep dan Manetep.

Pewarta : Imam Syafii
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top