Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Abah Anton: Satya dan Darma Pramuka Harus Tertanam di Hati Generasi Muda

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Lazuardi Firdaus

14 - Sep - 2017, 16:16

Abah Anton mengalungkan penghargaan kepada salah satu anggota Pramuka Kota Malang usai Upacara Peringatan HUT Pramuka ke 56 di Halaman Balai Kota, Kamis (14/9). (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES)
Abah Anton mengalungkan penghargaan kepada salah satu anggota Pramuka Kota Malang usai Upacara Peringatan HUT Pramuka ke 56 di Halaman Balai Kota, Kamis (14/9). (Foto: Humas Pemkot for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pendidikan Kepramukaan adalah salah satu hal penting bagi kaum muda. Sebab, dalam Pramuka mengajarkan pedoman berperilaku dan kehidupan sehari-hari yang tertuang dalam Dasa Dharma dan Tri Satya.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Malang H Moch Anton dalam sambutannya saat upacara Peringatan Hari Jadi Pramuka ke 56 di Halaman Balai kota Malang, Kamis (14/9).

Dalam paparannya, Abah Anton menjelaskan jika pendidikan Pramuka selalu menekankan pada satya dan darma, dimana dua hal itu adalah pedoman utama dalam berperilaku dan bersikap di kehidupan sehari-hari. "Karena itu Satya dan Darma harus benar-benar tertanam dalam sanubari semua Pramuka khususnya di Kota Malang," kata Abah Anton.

Dia mengatakan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas terus dilakukan oleh pemerintah bersama dengan semua komponen masyarakat dan stake holder selama ini. Namun, pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik.

"Kunci sukses bangsa terletak pada SDM yang unggul dan berkualitas," tukasnya.

Berkaitan dengan kegiatan Pramuka, Abah Anton yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Kota Malang juga berpesan agar gerakan Pramuka harus lebih dipacu untuk mencapai visi besar yang sudah diemban selama ini. 

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Karena itu saya mengharapkan kepada seluruh jajaran gerakan Pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis dengan berbagai stakeholders baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat," beber Abah Anton.

Abah Anton juga berharap agar melalui gerakan Pramuka, kaum muda Indonesia bisa berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, andal dalam berpikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara.

Peringatan Hari Pramuka ke 56 tahun di Halaman Balai Kota Malang tahun ini diikuti 1500 peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Adapun tema besar yang diangkat yakni "Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa".
 
Peringatan diramaikan dengan penampilan Tari Remo, Step Dance hingga penyematan penghargaan Darma Bakti, Karya Bakti, Melati, Pancawarsa dan Pramuka Garuda oleh Abah Anton kepada Penerima Penghargaan.


Topik

Peristiwa Abah-Anton Satya-dan-Darma-Pramuka Generasi-Muda


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Lazuardi Firdaus