Ingin Studi ke Belanda, Mahasiswa Malang Coba Cara Ini

Para mahasiswa dan dosen menyimak pemaparan tentang beasiswa ke Belanda.(ist)
Para mahasiswa dan dosen menyimak pemaparan tentang beasiswa ke Belanda.(ist)

MALANGTIMES - Mahasiswa Malang yang sudah lulus ingin melanjutkan studi ke Negeri Kincir Angin Belanda dengan beasiswa? Caranya mudah. 

Calon pelamar beasiswa Studeren In Nederland (StuNed) hanya perlu mendaftar terlebih dahulu ke universitas yang dituju sebelum mengirimkan aplikasinya ke Nuffic Neso Indonesia. Setelah para calon pelamar beasiswa diterima di salah satu universitas atau perguruan tinggi di Belanda, mereka akan mendapatkan beasiswa pendidikan secara gratis.

Seperti yang diungkapkan Viddy M. Naufal, Student Counselor Nuffic Neso Indonesia, di salah satu kampus swasta di Malang. Dalam hal ini, selain Jakarta, pihaknya memang sengaja menyasar Kota Malang sebagai kota pendidikan yang juga besar selain Jogjakarta. Kota Malang dinilai melahirkan banyak mahasiswa yang kualitasnya bagus dan profesional.

"Memang kami meyakini di Malang Raya banyak mahasiswa yang berpotensi, yang bisa mendapatkan beasiswa dari Nufic Neso Indonesia yang merupakan lembaga nonprofit yang dibiayai pemerintah Belanda," jelas Viddy.

Selain itu, syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar adalah harus memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 dalam skala IPK 4.00. Di samping itu calon pelamar beasiswa juga harus mengusai bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat atau nilai TOEFL yang bagus.

"Setiap tahunnya hanya ada kuota sekitar 70 sampai 80 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Tapi yang mendaftar ratusan," paparnya saat diwawancarai MalangTIMES.

Sementara itu, para penerima beasiswa dapat mengajukan atau memilih jenis beasiswa, apakah nanti beasiswa sepenuhnya atau beasiswa parsial. Untuk beasiswa penuh, dalam pendanaan biasanya mencakup uang kuliah, biaya hidup, tiket pergi-pulang dari Belanda sampai Indonesia, serta beberapa tambahan biaya studi lain.

"Sementara itu beasiswa ini ada karena memang ada kesepakatan bilateral Pemerintah Belanda dan Indonesia untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia," ungkap Viddy.

Maka dari itu, mahasiswa Malang yang memang berkeinginan besar meneruskan studi di Belanda bisa langsung mencari informasi melalui internet dengan mencari Nuffic Neso Indonesia. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top