Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair, Ini Trik ITN Maksimalkan Kualitas Alumni

Suasana bursa kerja ITN Malang siang ini (8/9/2017). Tampak pelamar kerja berdesakan di stan-stan perusahaan untuk mencari lowongan kerja. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Suasana bursa kerja ITN Malang siang ini (8/9/2017). Tampak pelamar kerja berdesakan di stan-stan perusahaan untuk mencari lowongan kerja. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Suasana hari kedua pelaksanaan bursa kerja atau job fair yang digelar Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang penuh sesak. Para pencari kerja tampak bersemangat mengunjungi stan-stan 46 perusahaan yang berjajar di aula Kampus 1 ITN. 

Hingga pukul 13.00, tak kurang dari tujuh ribu pelamar kerja datang dari berbagai penjuru Malang Raya. Mereka tampak antusias mengisi form-form pendaftaran meski harus mengantre tunggu giliran.

Rizky Putra, salah satu pencari kerja mengaku senang bisa langsung mengajukan banyak lamaran pada perusahaan-perusahaan besar yang membuka stan. "Sengaja datang karena tertarik dengan beberapa perusahaan yang sudah saya incar. Ada PT Charoen Phokphand Indonesia, PT Wonokoyo dan beberapa bank," ujar lulusan jurusan peternakan Universitas Brawijaya itu. 

Beberapa stan perusahaan mengaku peminat dan kualitas para pencari kerja yang datang cukup bagus. Misalnya PT Surveyor Indonesia Persero yang pada hari pertama berhasil mengumpulkan 250 pelamar yang sudah memenuhi kriteria awal pekerjaan yang ditawarkan. Banyak lulusan terbaru (fresh graduate) yang ikut menjajal kemampuan memasukkan lamaran ke perusahaan itu. "Hari kedua ini sudah ada 141 orang, peminatnya luar biasa. Karena kami menangani banyak proyek di berbagai daerah, paling tidak per minggu bisa butuh 40 orang pekerja baru," ujar staf PT Surveyor Indonesia Persero, Erni Sugiartini.

Di sela pelaksanaan bursa kerja, Rektor ITN Malang Dr Ir Lalu Mulyadi MTA dan Wakil Rektor III Dr I Made Wartana MT turut memantau jalannya kegiatan. Lalu Mulyadi mengungkapkan, penyelenggaraan bursa kerja tersebut merupakan kali kedua yang dilakukan tahun ini. Ada kenaikan jumlah baik dari sisi pengunjung dan perusahaan yang bergabung. "Sebelumnya cukup sukses dengan 42 perusahaan, kali ini ada 46 perusahaan. Jumlah pengunjungnya kami perkirakan bisa sampai sepuluh ribu," ujarnya saat ditemui MalangTIMES.

 

Di sela pelaksanaan bursa kerja, Rektor ITN Malang Dr Ir Lalu Mulyadi MTA dan Wakil Rektor III Dr I Made Wartana MT turut memantau jalannya kegiatan. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Di sela pelaksanaan bursa kerja, Rektor ITN Malang Dr Ir Lalu Mulyadi MTA dan Wakil Rektor III Dr I Made Wartana MT turut memantau jalannya kegiatan. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Beberapa perusahaan bertaraf nasional juga turut membuka peluang kerja dalam kegiatan itu. Di antaranya PT Total  Inpro Multitech, PT Esa Sarwaguna Adinata, PT Charoen PhokPhand Indonesia. Juga ada PT Pharos Indonesia, PT Otsuka Indonesia, PT Indolakto, PT Yodya Karya, PT Arthawenasakti Gemilang, Sambu Group, PT Kobexindo Tractors, dan berbagai bank. "Para pencari kerja itu ibarat para pemain berebut bola di lapangan. Nah, ITN menjembatani agar bola itu yang datang. Mereka tinggal memaksimalkan usaha merebutnya," tegas Lalu. 

Sementara itu, Wakil Rektor III Dr I Made Wartana MT menambahkan, bursa kerja ini selalu dilakukan menjelang pelaksanaan wisuda. Rencananya, pada akhir September mendatang bakal dilaksannakan wisuda ke-58 dengan meluluskan 695 mahasiswa jenjang S1, S2 dan D3. "Bursa kerja ini melakukan link and match (keterkaitan dan kesepadanan) antara dunia pendidikan dan dunia kerja," tuturnya.

Selain itu, pihak kampus juga telah membekali calon wisudawannya dengan materi Recruitmen Education agar setiap lulusan siap masuk dalam bursa pencarian kerja. "Setiap tahun lebih dari 80 persen lulusan terserap dalam dunia kerja. Sisanya ada yang berwirausaha, ada pula yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," pungkasnya. (*)

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top