Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lapsus Kurban Tahun Ini Alami Penurunan? (1)

Di Masjid Agung Kota Batu Jumlah Hewan Kurban Turun 50 Persen

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

01 - Sep - 2017, 12:27

Takmir sekaligus Ketua Panitia Kurban 1438 Hijriah saat mengecek hewan ternak di halaman Masjid An-Nur Kota Batu, Jumat (1/9/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Takmir sekaligus Ketua Panitia Kurban 1438 Hijriah saat mengecek hewan ternak di halaman Masjid An-Nur Kota Batu, Jumat (1/9/2017). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Penyembelihan hewan kurban 1438 Hijriah khususnya hewan kambing cukup merosot di beberapa masjid di Kota Batu.

Baca Juga : Dewan Nilai Dirut PDAM Tak Penuhi Kompetensi, Usul Konkret Dicopot

Misalnya saja di Masjid Agung An-Nur Kota Batu di tahun 2017 ini hewan yang dikurbankan ada lima sapi dan enam kambing. Padahal sebelumnya di tahun 2016 masjid ini menyembelih lima ekor sapi dan 13 ekor kambing, Jumat (1/9/2017)

Hewan kurban kambing sangat merosot dua kali lipatnya. Yakni tahun 2016 ada 13 ekor kambing dan tahun 2017 enam ekor kambing. 

"Di sini kalau yang sapi masih sama seperti tahun sebelumnya. Kalau kambing memang cukup banyak berkurangnya," ungkap Masjid An-Nur Kota Batu Mashuri Takmir. 

Hewan kurban ini dari hasil uang bersama-sama jamaah, pengurus masjid dan masyarakat sekitar.

Menurutnya berkurangnya kurban hewan kambing ini diperkirakan beberapa warga Kota Batu yang menyembelihkan kambingnya di masjid lainnya.

"Saya kira kalau berkurangnya korban kambing ini, bisa saja orang memberikan kurbannya di masjid lain. Seperti itu kan tidak masalah, yang penting niat ibadahnya," katanya saat ditemui di Masjid An-Nur Kota Batu.

Baca Juga : Pipa Terus Bocor, Wali Kota Malang Sutiaji Beri Komentar Ini

Ia mengaku tidak tahu apakah besok atau lusa masih ada ummat muslim yang akan mengantarkan hewan kurban kepada pihaknya untuk disembelih. 

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, biasanya tidak ada lagi yang menyerahkan," imbunya kepada BatuTIMES.

Terpisah di Masjid Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji saat ini kambing yang dikurbankan ada dua ekor kambing. Sedangkan tahun 2016 ada lima ekor kambing yang dikurbankan.

Dan sapi yang dikurbankan ada tahun sebelunya dua ekor dan tahun 2017 ada tiga ekor.

"Iya ini kambingnya berkurang, kalau sapinya yang naik," kata Muhammad Munir, takmir Masjid Dusun Brau.


Topik

Lapsus Masjid-Agung Kota-Batu penurunan-kurban


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus