Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bupati Malang, Rendra Kresna: Tegur Tegas OPD yang Tak Terbuka dengan Media

Penulis : Imam Syafii - Editor : Lazuardi Firdaus

23 - Aug - 2017, 13:47

Bupati Malang, Rendra Kresna menyampaikan akan menegur tegas OPD yang tak terbuka dengan pers (foto: Imam Syafii/ MalamgTIMES)
Bupati Malang, Rendra Kresna menyampaikan akan menegur tegas OPD yang tak terbuka dengan pers (foto: Imam Syafii/ MalamgTIMES)

MALANGTIMES - Bupati Malang, Rendra Kresna tak segan-segan menegur tegas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang tidak terbuka mengenai informasi data kepada awak media.

Hal itu ditegaskan Rendra Kresna usai membuka acara sosialisasi Undang-Undang Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Malang yang digelar di Pendopo Agung Jalan Agus Salim No. 96, Kota Malang, Rabu (23/8/2017).

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

"Pasti saya tegur OPD itu, makanya media jangan ragu-ragu melaporkan ke saya, pastinya anda semua di sini punya nomor kontak HP saya kan," tegas pria nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Malang itu.

Maka dari itu, pria yang kerap mengenakan peci hitam di setiap kunjungan kerjanya itu, mengintruksikan kepada seluruh OPD Pemkab Malang untuk tidak takut kepada awak media.

"Karena media bagian dari kita yang bersinergi dalam membantu menyalurkan informasi kepada masyarakat seperti program pembangunan di Kabupaten Malang," terangnya.

Menurutnya, takut dalam hal ini terkait memberikan data informasi sepanjang program kinerja OPD sudah selesai.

"Kalau memang belum selesai pekerjaan itu, iya jangan dipublikasikan dulu karena belum waktunya. Begitu juga teman pers nantinya akan memberikan penilaian mana yang wajib dan pantas berita untuk dipublish. Terpenting yakni keseimbangan berita," terang Rendra bernada tegas.

Disinggung terkait kedekatan OPD dengan media, Rendra menyampaikan sejauh ini kedekatan OPD dengan wartawan sudah bagus dan saling bertukar informasi data.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

"Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk dipahami semua ASN Pemkab Malang tentang kode etik jurnalistik, karena belum tentu mereka ini paham juga. Jangankan Pemkab Malang dengan OPD-nya, rekan wartawan kemungkinan ada yang belum paham dengan kode etik jurnalistik," ungkap dia.

Karena itu, Rendra mendorong pemahaman kode etik jurnalistik harus kian digencarkan di semua kalangan masyarakat mulai tingkat OPD sampai desa melalui workshop atau temu wicara.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, Sugeng Irawan, narahubung Muhammad Zein dan Husnun Djuraid, jajaran Polres Malang, Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang dan seluruah DPRD dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Malang.


Topik

Peristiwa Rendra-Kresna Bupati-Malang Tegur-OPD Media


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Lazuardi Firdaus