Mahasiswa KKN PPM 02 UMM Gencarkan Sosialisasi Lingkungan dan Tanam Pohon

Mahasiswa KKN PPM 02 dan dosen UMM saat sosialisasi teknik indigofera
Mahasiswa KKN PPM 02 dan dosen UMM saat sosialisasi teknik indigofera

MALANGTIMES - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN PPM) Kelompok 02 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan serangkaian kegiatan sosialisasi. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dilaksanakan di Dusun Maron Sebaluh, Desa Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang.

Kegiatan yang berlangsung sejak Sabtu (15/7) malam pukul 19.00 diisi dengan sosialisasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Dihadiri oleh 165 masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sosialisasi ini dutujukan sebagai salah satu cara mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Minggu (16/7) pagi, diawali dengan gotong royong dan senam bersama. Dilanjutkan dengan sosialisasi One Day One Glass Milk yang dilakukan untuk mengajak masyarakat mengerti dan peduli pentingnya meminum susu setiap hari. Produk olahan susu karya mahasiswa KKN juga turut dibagikan untuk memeriahkan kegiatan sosialisasi tersebut.

Berkaitan dengan masyarakat yang mayoritas pekerjaannya adalah peternak, mahasiswa KKN PPM 02 UMM juga mengadakan sosialisasi pembibitan indigofera. Indigofera sendiri merupakan salah satu tanaman yang cocok dijadikan pakan ternak karena kandungan gizi yang ada di dalamnya serta dapat menjadi pengganti pakan  konsentrat yang menjadi sumber pakan protein.

Pakan berupa indigofera ini juga dapat meningkatkan susu yang dihasilkan oleh sapi perah dan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Pembagian bibit indigofera menjadi salah satu agenda dalam sosialisasi ini yang diharapkan dapat terus dikembangkan oleh masyarakat .

Acara puncak dilaksanakan dengan kegiatan sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan, penamaan tanaman, dan tanam 1000 pohon yang dilakukan secara simbolik di ruas jalan Dusun Maron Sebaluh. Kegiatan puncak sekaligus terakhir ini bekerjasama dengan CCF (Climate Change Frontier) dan Kopling (Komunitas Pecinta Lingkungan). Terdapat empat jenis tanaman jeruk dan berbagai tanaman hias yang telah diberikan.

“Harapan kedepannya semoga tanaman-tanaman yang ada ini bisa terus kami kembangkan dan pembelajaran-pembelajaran yang kami dapatkan bisa kami terapkan kedepannya,” ucap Mat Khoidir selaku wakil peternak dan Kopling.

Sementara itu Kurnia Shobrina Merdekawati menyatakan, melalui kegiatan KKN yang berlangsung hingga 29 Juli 2017 ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan potensi usaha yang ada. “Ini salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat,” urainya.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top