Pantai Tiga Warna Sementara Menempati Urutan Kedua Wisata Terbersih Terpopuler

Pantai tiga warna menduduki peringkat kedua sementara sebagai obyek wisata terbersih terpopuler dalam API 2017 (Dok/MalangTIMES)
Pantai tiga warna menduduki peringkat kedua sementara sebagai obyek wisata terbersih terpopuler dalam API 2017 (Dok/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dukungan untuk Obyek Wisata Terbersih Terpopuler kepada Pantai Tiga Warna di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 masih dibuka hingga 31 Oktober 2017.

Posisi sementara Raja Ampatnya Pulau Jawa ini sampai 31 Juli 2017 berada di peringkat kedua dengan mengumpulkan suara 19 persen. Bersaing ketat dengan Kampoeng Raja Kota Jambi diperingkat pertama dengan suara 25 persen dan Islamic Center Kota Samarinda peringkat ketiga 14 persen.

"Ini pencapaian sangat luar biasa, kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan peran serta semua pihak yang telah memberikan suara terhadap Pantai Tiga Warna dalam kegiatan API 2017 ini," kata Made Arya Wedanthara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Minggu (13/08).

Made yang aktif dalam mempromosikan berbagai destinasi wisata di Kabupaten Malang, baik di dalam negeri maupun mancanegara ini, juga berharap dukungan terhadap Pantai Tiga Warna terus bertambah sehingga bisa menempati posisi pertama yang untuk sementara dikuasai oleh Kampoeng Raja Kota Jambi.

"Ada sekitar tiga bulan lagi untuk menentukan siapa juara dalam kategori ini. Kami berharap seluruh elemen masyarakat memberikan suaranya bagi Pantai Tiga Warna ini,"ujarnya kepada MalangTIMES.

Untuk memberikan suara atau Vote, caranya sangatlah mudah. Anda Cuma kirim SMS atau pesan singkat dengan mengetik  API (SPASI) 2E lalu kirim ke 99368 sebanyak-banyaknya. Atau bisa pula mengunjungi situs resmi API 2017 yaitu di www.anugerahpesonaindonesia.com.

Kegiatan API 2017 ini sendiri diikuti 34 Provinsi dan 105 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang terwakili 150 nominasi dalam 15 kategori yang ada.

Sementara Pantai Tiga Warna bersaing dengan 10 destinasi wisata terbersih terpopuler daerah lainnya. Mulai Kampoeng Raja Kota Jambi, Islamic Centre Kota Samarinda, Pantai Sisi Serasan Kabupaten Natuna, Pantai Jikumerasa Kabupaten Buru, Pantai Pemuteran Bululeng, Pantai Waha Wakatobi, Danau Sebangau Palangkaraya, Pantai Herlem Jayapura dan Kawasan Monas Jakarta.

Terpilihnya Pantai tiga warna yang  dibuka untuk umum  pertengahan tahun 2014, dan di kelola oleh Bhakti Alam yang anggotanya berasal dari warga desa, dianggap berhasil dan masuk nominasi API 2017 berkat penerapan sistem kuota pengunjung yaitu 100 orang per hari.  

Selain memakai sistem kuota, di Pantai Tiga Warna,  barang bawaan wisatawan yang berpotensi menjadi sampah, botol air mineral, bungkus makanan, tisu dan lainnya didata di pos masuk  agar pengunjung tidak membuang sampah sembarang.

Pengunjung akan dikenakan denda Rp. 100 ribu per item sampah yang hilang, saat petugas kembali memeriksa sampah sesuai daftar barang yang dibawa saat pengunjung pulang.

Pola inilah yang membuat Wisata Pantai Tiga Warna yang masuk dalam kawasan konservasi alam ini, sampai saat ini terjaga kealamiannya. Dan tentunya bebas sampah yang biasanya menjadi problematika wisata pantai diberbagai daerah lainnya.

"Untuk terus menjaganya, mari kita bersama-sama dukung Pantai Tiga Warna yang begitu eksotis dengan memberikan vote sebanyak-banyaknya,"ujar Made Arya.

Editor :
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top