Fakta-fakta Mengejutkan Kaum Muda Malang Pengguna Instagram

Ilustrasi anak muda Malang menggunakan Instagram (foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)
Ilustrasi anak muda Malang menggunakan Instagram (foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sudah tidak asing lagi mendengar kata 'Instagram' di masa sekarang. Terutama di kalangan kaum muda. Tahun 2016, Senior Direktur TNS Indonesia, Hansal Savla membeberkan studi berjudul 'Pengguna Instagram di Indonesia'.  

Sebagaimana dikutip dari Selular ID, 89 persen pengguna Instagram di Indonesia berusia 18-34 tahun. Waktu akses Instagram setidaknya dilakukan seminggu sekali.

Di Malang, pernah ada pertemuan pengguna Instagram. Kala itu tahun 2013, 40 Instagramers dari berbagai kota termasuk Bandung, Surabaya, bahkan dari beberapa kota di Asia Tenggara hunting foto di Gunung Bromo. 

Instagram tak saja dipandang ajang 'silaturahmi' pecinta fotografi. Ada fenomena menarik di balik media sosial berlogo kamera itu. 

Mahasiswa Malang tergoda merasakan wisata di Pulau Lombok karena menengok akun Instagram, @explorelombok. Fakta itu diungkap oleh Aditya Tri Wibowo. Ia melakukan studi eksperimen terhadap 60 orang mahasiswa di Malang. Hasilnya mereka yang melihat keindahan obyek wisata Lombok Instagram memiliki minat berbeda dibanding yang tidak. 

Studi yang dilakukan Prihanani menyimpulkan bahwa Instagram menjadi referensi wisata kaum muda. Foto menarik yang diunggah di Instagram jadi daya tarik mereka yang berusia 18-25 tahun mengunjungi obyek wisata tersebut. 

Bukan hanya memengaruhi minat wisata kalangan muda. Media sosial yang lahir tahun 2012 itu juga buat banyak kaum muda kecanduan selfie. Istilah selfie ialah singkatan dari Self Potrait, yang artinya foto yang diambil oleh diri sendiri. 

Selain itu, hal lain yang kerap pula dilakukan kaum muda Malang di media sosial Instagram ialah membuat Instagram Stories. Fitur ini dapat mengupload foto atau video singkat yang akan hilang setelah 24 jam. 

Terkait aktivitas bermain media sosial yang dilakukan muda mudi itu, pakar psikologi Universitas Brawijaya (UB) Cleoputri Yusainy, Ph.D. menjelaskan apabila hal tersebut bisa diartikan sebagai ekspresi diri kaum muda. 

Cleoputri menjelaskan media sosial menyebabkan anak muda kini tak lagi malu mencurahkan perasaan mereka. 

"Kan gini ya, kalau dulu ada buku diary. Namanya buku harian dikunci rapat. Tidak ada orang lain yang boleh mengetahuinya. Sekarang ada media sosial. Ada status. Di situlah akhirnya mereka mengungkapkan ekspresi mereka," terang Cleo. 

Ia melanjutkan muda mudi yang mengunggah foto di Instagram dapat diartikan tidak hanya ekspresi diri tetapi juga eksistensi diri. 

"Ada yang share foto mereka di Instagram semata-mata ingin berbagi aktivitas keseharian mereka. Tapi juga ada yang untuk eksistensi diri atau ingin menunjukkan bahwa mereka juga mampu seperti yang lain," tandas Cleo. (*)

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

  • Lagi Tren, Street Wear Adu Warna-Warna Ini

    Pernah dengar istilah hijab street wear? Maknanya adalah padu padan busana yang kamu punya. Pun untuk hijab. Street wear juga membebaskan kamu berkreasi. Umumnya street wear diterapkan di negara-negara maju akan mode sebut saja Jepang dan Perancis. Di neg

  • Pelatih Sriwijaya FC : Kami Bermasalah di Babak Kedua, Arema Bermain Efektif

    Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan mengakui kekalahan timnya usai dipermalukan 3-0 oleh Arema FC ketika bermain di Stadion Jakabaring Palembang, Sabtu (21/7/2018).

  • Serunya Petik Sayur Hidroponik di Kota Batu

    Pertanian hidroponik menjadi salah satu alternatifbercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Tak terkecuali di Kota Batu. Di Kota Dingin ini, masyarakat pun pun bisa membeli sayur pada pertanian hidroponik dengan memetik sendiri.

  • Tiga Tradisi Ini Hanya Ada Di Malang, Apa Saja?

    Untuk menjaga tradisi leluhur, Indonesia kerap melaksanakan berbagai macam tradisi untuk terus melestarikannya. Ada banyak hal yang menjadi latar belakang selain hanya melestarikan tradisi, salah satunya adalah menjaga kesakralan wilayah tersebut.

  • Batu Secret Zoo Bakal Miliki Bayi Gajah Lagi

    Setelah kelahiran gajah Sumatera bernama Lili, koleksi Batu Secret Zoo bakal bertambah lagi. Ya saat ini gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2 bernama Nazumi sedang mengandung.

  • Kartunis Buat Ilustrasi Merinding Abad Ini, Disaksikan 3 Juta Pasang Mata

    Seorang kartunis bernama Gunduz Agayev membuat warganet tercengang. Tak kurang dari 3,5 juta orang menyaksikan potret yang dilukiskan Agayev lewat ilustrasi yang ia buat. Kartunis asal Azerbaijan itu membuat beragam gambar yang menyindir kondisi dunia sa

  • Belum Semua Aset Pemkot Malang Tersertifikasi Jadi Celah Pindah Tangan

    Kasus penjualan tanah aset Pemerintah Kota (Pemkot) Malang seperti yang tengah ditangani kejaksaan negeri (kejari) memang rentan terjadi. Pasalnya, sebagian besar aset pemkot saat ini belum memiliki kekuatan hukum berupa sertifikat. Menurut Sekretaris Dae

  • Wali Kota Malang Bakal Sidak Mobil Para ASN, Ada Apa?

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Malang, Sutiaji, mengungkapkan, terkait upaya untuk menekan volume sampah di Kota Malang, pihaknya juga bakal berencana melakukan sidak pada masing-masing mobil dinas yang dipakai oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko

  • Hajar Sriwijaya di Palembang, Arema Duduki Posisi 11

    Arema membuktikan janji untuk merebut kemenangan di kandang Sriwijaya FC Palembang. Dalam laga pekan ke-17 Liga 1 yang digelar di Stadion Jakabaring Palembang, Sabtu (21/7/2018) sore, Arema membawa pulang tiga poin.

  • Muda-Mudi Indonesia Demam Keke Challenges, Youtuber Ria Ricis Unjuk Aksi

    Setelah mannequin challenge, kini ada lagi satu challenge yang sedang populer di Indonesia. Challenge satu ini banyak dikenal dengan istilah ‘keke challenge’. Keke challenge merupakan sebuah aksi tarian di luar mobil yang sedang berjalan.

  • Saingi Toko Modern, Tiap Tahun Ada Permak Pasar Tradisional

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang mengagendakan revitalisasi 22 pasar dari total 28 pasar rakyat yang ada di Kota Malang. Hal ini tentunya untuk semakin meningkatkan daya saing pasar rakyat di Kota Malang dengan menjamurnya toko-toko modern yang saat

  • 281 CJH Kota Batu Berangkat, 134 Risiko Tinggi dan 1 Gagal Naik Haji

    Sebanyak 281 calon jamaah haji (CJH) Kota Batu diberangkatkan menuju tanah suci dari masjid Kementerian Agama Kota Batu di Jl Sultan Agung, Sabtu (21/7/2018). Isak tangis keluarga melepas kepergian sanak saudara maupun orang tua pun melebur dalam pemberan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top