Pemkot Malang Digrebek KPK, Ada Apa? (44)

Bawahannya Resmi Tersangka, Abah Anton Pilih Wait and See

Wali Kota Malang HM Anton (Dok/MalangTIMES)
Wali Kota Malang HM Anton (Dok/MalangTIMES)

?MALANGTIMES - Penetapan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jarot Edy Sulistyono yang juga mantan kepala dinas pekerjaan umum, ditanggapi kalem oleh Wali Kota Malang Moch Anton. Menurutnya, hingga saat ini belum ada kepastian keterlibatan salah satu anak buahnya itu. 

"Kalau saya ngomong ini belum, kan masih ada proses-proses selanjutnya," ujar  Anton saat ditemui awak media. 

Meski dalam rilis resmi yang disampaikan KPK sore ini telah menyebut Jarot, politisi PKB itu memilih untuk wait and see. 

"Tersangka itu kan biasa setelah semuanya ada pembuktian. Kita tunggu aja lah, sampai sejauh mana," tuturnya. 

Terlebih menurutnya, sebagai kepala daerah dia belum mendapat informasi resmi dari lembaga antirasuah itu.

Anton berharap, jika pun ada yang terlibat, baik dari legislatif ataupun eksekutif, tidak mengganggu kinerja pemerintahan. 

Sebab berdasarkan pantauan MalangTIMES, sepanjang siang tadi gedung DPRD Kota Malang melompong. Sebagian anggota dewan tengah dinas luar ke Surabaya, sementara lainnya hilang bak ditelan bumi. 

"Harapan kami kinerja semua elemen pemerintahan tetap jalan, jangan sampai pelayanan terganggu. Kan kasihan masyarakat," ujar wali kota jebolan ITN Malang itu.

Anton masih belum berani mengungkapkan sikap Pemkot Malang terkait penetapan Jarot sebagai tersangka. Meski demikian pihaknya tentu akan kooperatif dan mengikuti seluruh proses hukum yang berlaku. 

"Soalnya dalam sprindik (surat perintah penyidikan) yang ditunjukkan (oleh KPK) tulisannya hanya satu, Arief  Wicaksono. Kaitannya dengan anggaran APBD Perubahan 2015, utamanya soal Jembatan Kedungkandang," paparnya.

Soal proses perubahan anggaran 2015 tersebut, Anton menegaskan bahwa dirinya sudah berupaya menolak. 

"Saya kurang tahu apa ada seperti itu (proses suap pemulusan mata anggaran proyek di APBD). Yang jelas, waktu itu saya berpikiran sebelum proses hukum selesai di kepolisian saya tidak akan lakukan (pembangunan Jembatan Kedungkandang. Pokoknya saya delete (anggarannya)," terang Anton.

Pada 2015 lalu, proyek Jembatan Kedungkandang dianggarkan Rp 30 miliar di APBD induk Kota Malang. "Ada koreksi saat APBD perubahan, apalagi waktunya (untuk pengerjaan) nggak nutut. Anggaran itu jadi silpa. Silpa 2015 jadi cukup besar, sekitar Rp 300 miliar," terangnya.

Editor :
Publisher : Angga .
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)

  • Lagi Tren, Street Wear Adu Warna-Warna Ini

    Pernah dengar istilah hijab street wear? Maknanya adalah padu padan busana yang kamu punya. Pun untuk hijab. Street wear juga membebaskan kamu berkreasi. Umumnya street wear diterapkan di negara-negara maju akan mode sebut saja Jepang dan Perancis. Di neg

  • Pelatih Sriwijaya FC : Kami Bermasalah di Babak Kedua, Arema Bermain Efektif

    Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan mengakui kekalahan timnya usai dipermalukan 3-0 oleh Arema FC ketika bermain di Stadion Jakabaring Palembang, Sabtu (21/7/2018).

  • Serunya Petik Sayur Hidroponik di Kota Batu

    Pertanian hidroponik menjadi salah satu alternatifbercocok tanam tanpa menggunakan tanah. Tak terkecuali di Kota Batu. Di Kota Dingin ini, masyarakat pun pun bisa membeli sayur pada pertanian hidroponik dengan memetik sendiri.

  • Tiga Tradisi Ini Hanya Ada Di Malang, Apa Saja?

    Untuk menjaga tradisi leluhur, Indonesia kerap melaksanakan berbagai macam tradisi untuk terus melestarikannya. Ada banyak hal yang menjadi latar belakang selain hanya melestarikan tradisi, salah satunya adalah menjaga kesakralan wilayah tersebut.

  • Batu Secret Zoo Bakal Miliki Bayi Gajah Lagi

    Setelah kelahiran gajah Sumatera bernama Lili, koleksi Batu Secret Zoo bakal bertambah lagi. Ya saat ini gajah Sumatera Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2 bernama Nazumi sedang mengandung.

  • Kartunis Buat Ilustrasi Merinding Abad Ini, Disaksikan 3 Juta Pasang Mata

    Seorang kartunis bernama Gunduz Agayev membuat warganet tercengang. Tak kurang dari 3,5 juta orang menyaksikan potret yang dilukiskan Agayev lewat ilustrasi yang ia buat. Kartunis asal Azerbaijan itu membuat beragam gambar yang menyindir kondisi dunia sa

  • Belum Semua Aset Pemkot Malang Tersertifikasi Jadi Celah Pindah Tangan

    Kasus penjualan tanah aset Pemerintah Kota (Pemkot) Malang seperti yang tengah ditangani kejaksaan negeri (kejari) memang rentan terjadi. Pasalnya, sebagian besar aset pemkot saat ini belum memiliki kekuatan hukum berupa sertifikat. Menurut Sekretaris Dae

  • Wali Kota Malang Bakal Sidak Mobil Para ASN, Ada Apa?

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Malang, Sutiaji, mengungkapkan, terkait upaya untuk menekan volume sampah di Kota Malang, pihaknya juga bakal berencana melakukan sidak pada masing-masing mobil dinas yang dipakai oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko

  • Hajar Sriwijaya di Palembang, Arema Duduki Posisi 11

    Arema membuktikan janji untuk merebut kemenangan di kandang Sriwijaya FC Palembang. Dalam laga pekan ke-17 Liga 1 yang digelar di Stadion Jakabaring Palembang, Sabtu (21/7/2018) sore, Arema membawa pulang tiga poin.

  • Muda-Mudi Indonesia Demam Keke Challenges, Youtuber Ria Ricis Unjuk Aksi

    Setelah mannequin challenge, kini ada lagi satu challenge yang sedang populer di Indonesia. Challenge satu ini banyak dikenal dengan istilah ‘keke challenge’. Keke challenge merupakan sebuah aksi tarian di luar mobil yang sedang berjalan.

  • Saingi Toko Modern, Tiap Tahun Ada Permak Pasar Tradisional

    Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang mengagendakan revitalisasi 22 pasar dari total 28 pasar rakyat yang ada di Kota Malang. Hal ini tentunya untuk semakin meningkatkan daya saing pasar rakyat di Kota Malang dengan menjamurnya toko-toko modern yang saat

  • 281 CJH Kota Batu Berangkat, 134 Risiko Tinggi dan 1 Gagal Naik Haji

    Sebanyak 281 calon jamaah haji (CJH) Kota Batu diberangkatkan menuju tanah suci dari masjid Kementerian Agama Kota Batu di Jl Sultan Agung, Sabtu (21/7/2018). Isak tangis keluarga melepas kepergian sanak saudara maupun orang tua pun melebur dalam pemberan

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top