30 Tahun Perjalanan Arema (7)

Hadapi Lawan 'Nakal', Kuncoro Lakukan Trik Ini di Sepatunya

KERAS! Duel Kuncoro melawan Surachai Jatupatarapong berlangsung dengan sangat keras.(google)
KERAS! Duel Kuncoro melawan Surachai Jatupatarapong berlangsung dengan sangat keras.(google)

MALANGTIMES - Berperangai garang namun suka bercanda, itu yang dimiliki pemain belakang yang juga bisa menjadi gelandang bertahan Arema era Galatama XII 1992/1993, Kuncoro.

Mendengar namanya saja, orang pasti sudah paham bagaimana karakter dan cara bermain Kuncoro di dalam lapangan. 

Seperti pemain lain, Kuncoro dan kawan-kawan juga mempunyai trik khusus untuk membuat mental pemain lawan keder. Ia menyempatkan mengkikir pul sepatu bolanya hingga lancip.

Walau begitu, Kuncoro dikenal sebagai gelandang yang pintar mengatur jalannya bola. Kepintaran dan kegarangannya tersebut membuat ia disegani lawannya.

"Dulu itu main bola kalau tidak siap-siap sendiri bisa bahaya. Makanya pemain Arema itu punya cara khusus biar tidak terkena lawan, kalau lawannya nakal ya kami pasti akan siap," ujar Kuncoro.

Asisten pelatih Arema FC ini sangat dekat dengan pemain, karena ia selalu menjadi pencair suasana di dalam latihan.

Kini ia bersama tiga rekannya, yakni Joko Susilo, Singgih Pitono dan Yanuar Hermansyah sedang berjuang di Liga 1.

Saat ditanya bagaimana sampai bisa punya pemikiran membuat pul sepatu bola hingga lancip, Kuncoro dan rekannya memang selalu mempunyai cara untuk menjaga diri dalam kompetisi.

"Banyak cara dulu itu kalau untuk pertandingan. Cara nyikut biar tidak ketahuan wasit, terus pakai balsem di tangan, macam-macam cara kalau dulu, tapi sekarang zamannya sudah beda," kenang Kuncoro.

Bahkan hal yang paling mendasar dan ala kadarnya dalam sepak bola juga dilakukan pemain Arema, seperti skin deck yang terbuat dari kayu dan karpet.

"Dulu skin deck saja buat sendiri, dari kayu yang di lem dengan karpet. Tapi yang terpenting bukan itu, kebanggan membawa nama Arema membuat pemain bisa sampai Liga Champions," pungkasnya.

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top