Telan Anggaran Rp 35 Miliar, Pembangunan Fisik Alun-alun Kabupaten Malang Dikerjakan Tahun Depan

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (foto : Imam Syafii/ MalangTIMES)
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat (foto : Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten Malang bakal memiliki Alun-alun di wilayah Kepanjen. Pembangunan fisik akan dilakukan tahun depan dengan anggaran sekitar Rp 35 miliar.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat membenarkan tahun depan Pemkab Malang akan memulai proses pembangunan fisiknya bakal terealisasi.

"Pembahasan perencanaan bangunan sudah selesai, kemungkinan tahun depan sudah bisa digarap pembangunan fisiknya, karena pembahasan perencanaan pembangunan sudah selesai," kata Wahyu kepada MalangTIMES.

Wahyu menjelaskan pembangunan Alun-alun Kabupaten Malang yang memakai anggaran dana APBD 2018 ini diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 35 miliar.

"Anggaran ini hanya untuk pembangunan fisik alun-alun saja, belum anggaran pembebasan lahan. Untuk pembebasan lahan luasnya sekitar 4 hektaran nanti akan dianggarkan di PAK," terang mantan Kepala Dinas Pengairan tersebut.

Lanjut Wahyu meski pembahasan perencanaan pembangunan alun-alun sudah final, namun untuk proses Detail Engineering Design (DED) nya masih belum rampung. 

"Intinya jika tanahnya sudah siap, kita akan langsung melelangnya. Setelah itu penggarapan pembangunan langsung dikerjakan. Kami berharap tahun ini proses penyiapan lahan harus sudah selesai,” jelas dia.

Kemudian, pembangunan alun-alun bakal dipusatkan di wilayah Kepanjen, mengingat Kepanjen merupakan wilayah yang memiliki potensi yang sangat bagus.

"Pembangunan akan ditempatkan di Kepanjen sebagai ibu kota Kabupaten Malang. Nanti ada beragam fasilitas umum di alun-alun seperti area bermain anak, olahraga, taman, dan kolam ikan bisa dinikmati seluruh masyarakat," ujarnya.

Dia menargetkan proses pembangunan alun-alun bakal rampung sebelum akhir tahun 2018 mendatang. 

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top