Yoghurt Bisa Cerahkan Wajah? Ini Penjelasan Dokter Kulit Asal Malang

Ilustrasi (foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)
Ilustrasi (foto: Wahida Rahmania Arifah/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perawatan kecantikan tradisional dengan yoghurt dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. 

Ratu Cleopatra kerap menggunakan yoghurt demi tetap mempertahankan pesona kecantikannya. Benarkah yoghurt baik bagi kulit wajah?

Dokter spesialis kulit asal Malang, dr. Sinta Murlistyarini SpKK membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan kandungan asam laktat dan seng (zinc) dalam yoghurt  bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

"Asam laktat itu golongan asam alfa hidroksi (aha). Aha sering dipakai untuk produk-produk rejuvenation atau peremajaan dan bisa mengatasi keriput halus dan pigmentasi," jelas Sinta. 

Yoghurt merupakan salah satu produk susu terfermentasi yang mengandung asam laktat, yaitu asam alpha hydroxy yang dapat membantu menghaluskan kulit kering dan mencegah penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik pada kulit.

Nah, yoghurt ini dapat dipakai sebagai masker wajah karena membantu pengelupasan kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit. 

Inilah yang menyebabkan penampilan kulit menjadi kusam. Asam laktat pada yogurt juga dapat menutup pori-pori besar pada kulit sehingga dapat menjadikan penampilan kulit lebih muda.

"Selain itu kandungan yoghurt juga dapat membuat kulit wajah lebih cerah," imbuh dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya itu. 

Bagaimana agar mendapatkan kembali kulit wajah cerah dan segar? 

Caranya, oleskan yoghurt pada kulit yang telah dibasahi air, pijat perlahan hingga yoghurt meresap ke dalam kulit, biarkan selama kurang lebih sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat. (*)

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top