Ini Petunjuk Pemakaian Tabir Surya dari Dokter Kulit Asal Malang

Ilustrasi pemakaian tabir surya (foto via Amazon)
Ilustrasi pemakaian tabir surya (foto via Amazon)

MALANGTIMES - Dokter spesialis kulit asal Malang dr Sinta Murlistyarini SpKK kembali berbagi tips kecantikan. Kali ini seputar penggunaan tabir surya. 

Sinta menyarankan penggunaan tabir surya dilakukan setelah Anda mengoleskan pelembab ke kulit wajah. "Tabir surya dipakai setelah pakai pelembab ya. Itu waktu yang tepat," kata dia.  

Tabir surya, menurut Sinta, dipakai 30 menit sebelum Anda terpapar sinar matahari. Untuk penggunaan tabir surya, disarankan dilakukan pengulangan. Apalagi bagi wanita yang beraktivitas di luar ruangan, disarankan menggunakan tabir surya paling tidak 3-4 jam sekali.

"Terutama untuk yang aktivitasnya di bawah sengatan matahari. Paling tidak diulangi lagi pemakaian tabir surya ini tiga sampai empat jam ya dalam sehari," imbuh dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya itu. 

Pengulangan harus lebih sering apabila beraktivitas yang sangat berkeringat atau berenang. "Nah, walaupun misalnya kita sudah menggunakan produk yang water-proof saat berenang, tetap tabir surya dipakai berulang-ulang," ungkap dia. 

Sinta lantas menjelaskan pilihan tabir surya berdasarkan jenis kulit. Yang memiliki kulit berminyak atau sedang berjerawat sebaiknya menggunakan tabir surya berbahan dasar gel atau yang mengandung anti-akne. Dia menambahkan wanita yang banyak beraktivitas di luar sebaiknya tidak saja melindungi wajah dengan tabir surya, tetapi juga memakai pelindung lain. "Seperti topi, kacamata, payung atau jaket agar kulit tidak mengalami sunburn," kata dia. 

Ia juga menekankan bahwa penggunaan tabir surya tetap harus dipakai di kulit wajah walaupun dalam kondisi mendung. "Meski mendung tetap harus pakai tabir surya karena kan sinar ultraviolet tetap dapat menembus awan. Dikhawatirkan bila tidak memakai tabir surya, dapat merusak jaringan kulit," pungkasnya. (*)

 

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top