Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya

Desainer Malang: Banyak Orang Salah Memadupadankan Kulot

Penulis : Wahida Rahmania Arifah - Editor : Lazuardi Firdaus

03 - Aug - 2017, 19:18

Palazzo pants atau di Indonesia dikenal dengan nama celana 'kulot'. (foto via Oasis Amor)
Palazzo pants atau di Indonesia dikenal dengan nama celana 'kulot'. (foto via Oasis Amor)

MALANGTIMES - Orang Indonesia menyebut kulot. Tetapi, kalangan fashionista mengenal celana ini dengan nama palazzo pants. Istilah mode ini didefinisikan sebagai celana panjang wanita dengan potongan pipa sangat lebar dan jatuh, mengembang dari pinggang, sehingga terlihat menyerupai rok panjang. 

Diolah dari berbagai sumber, palazzo pants sebetulnya mode lawas yang sudah ada sejak kurun waktu 1960-an. Sebagaimana dipahami bahwa mode terus berputar. Artinya mode lawas bakal kembali muncul. 

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Ladies, di dunia mode sebagaimana ditekankan oleh perancang mode profesional asal Malang Elma Faricha, ada hal-hal yang perlu dipahami. Termasuk terkait penggunaan palazzo pants. Elma, menerangkan pemakaian kulot atau palazzo pants ini ada baiknya memperhatikan padanan atasan.

"Kami kalangan desainer tentu tidak sembarang merancang busana. Jadi, bila merancang busana model palazzo pants atau kulot, maka atasan sebaiknya model pendek. Karena rancangan busana yang pas tentu akan menghasilkan siluet yang jelas antara panggul dan paha," jelas desainer alumnus sekolah mode bergengsi, Arva School of Fashion, itu kepada MALANGTIMES.

Diakui Elma, ada banyak persepsi yang salah tentang penggunaan celana kulot. Hal itu, menurut dia, sah-sah saja karena ada beberapa kalangan di Malang yang belum memahami benar apa itu mode.

"Jadi, intinya kalau bagian bawah sudah lebar, maka atas jangan pakai yang lebar juga. Begitu juga sebaliknya, kalau atas lebar, bagian bawahan sebaiknya yang slim saja. Supaya bagus look (tampilan)-nya," imbuh desainer yang didapuk menjadi wakil Malang di Jakarta Fashion Week (JFW) itu.

Lantas, apa saja padu padan kulot atau palazzo pants menurut perancang mode itu? Elma menjelaskan, model atasan apa pun baik dipadukan dengan kulot, terutama model blouse (kemeja).

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

"Apa aja bisa. Kalau saya sarankan untuk tampilan lebih rapi, bisa juga pakai kemeja. Dan perhatikan benar panjang kemejanya. Kalau dipadukan dengan kulot, pilih kemeja yang pendek saja agar ada batas antara panggul dan paha," pungkas dia. 

Nah fashion lover, gimana nih sudah mendapat ide baru kan untuk memadukan celana kulot yang Anda punya? Semoga bermanfaat. (*)


Topik

Gaya Desainer-Malang Kulot palazzo-pants


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wahida Rahmania Arifah

Editor

Lazuardi Firdaus