Asiknya Seduh Kopi Sambil Diskusi di Kafe Pustaka Ini

Suasana diskusi di Kafe Pustaka UM
Suasana diskusi di Kafe Pustaka UM

MALANGTIMES- Ingin ngopi dan nongkrong tapi juga tambah pinter? Kafe Pustaka ini kayaknya tepat karena menyajikan menu santap gagasan, lahap isu, kudap buku, kenduri literasi, carik pustaka, ngemil baca, dan seduh puitika.

Pemilik ide kreatif tersebut adalah Prof Djoko Saryono. Seperti namanya, tempat ini tidak seperti kafe kebanyakan. Tidak hanya sekedar tempat nongkrong dan ngopi, namun juga tempat membangun budaya dan pengetahuan.

“Kafe Pustaka merupakan ruang publik yang menjadi bagian integral dari Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM). Di situ diharapkan terbentuk komunitas epistemik, yaitu kumpulan orang dari berbagai latar belakang dan profesi yang punya visi bersama bahwa pikiran dan gagasan punya makna penting dalam kehidupan berkebudayaan,” terang Prof Djoko Saryono kepada wartawan MalangTIMES, Rabu (2/8/2017).

Diharapkan, lanjut Djoko Saryono, di Kafe Pustaka ada interaksi dan pembelajaran dari para anggota komunitas tersebut.

Seperti slogannya 'sembari ngopi membangun literasi', kafe yang terletak berhadapan dengan Fakultas Ekonomi UM ini, membuat seduhan kopi terasa lebih mantap dengan ditemani buku dan ruang diskusi.

“Sejak berdiri tahun 2015 lalu, kafe ini memang didesain sebagai ruang intelektual. Makanya, menu Kafe Pustaka saya namai santap gagasan, lahap isu, kudap buku, kenduri literasi, carik pustaka, ngemil baca, dan seduh puitika,” tegasnya.

Hasilnya sudah banyak, masih kata Djoko Saryono, berbagai kegiatan dengan frekuensi amat tinggi dan bagus sudah terlaksana.

“Ini terlihat dari isu-isu yang dibahas. Pembicara kaliber internasional seperti Peter Carey pun sudah pernah hadir,” pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Faishol
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top