Merokok Sebabkan Wanita Lebih Cepat Keriput, Ini Penjelasan Dokter Kulit Malang

Ilustrasi wanita merokok (foto via Miqueltort)
Ilustrasi wanita merokok (foto via Miqueltort)

MALANGTIMES - Dokter spesialis kulit asal Malang dr Sinta Murlistyarini SpKK mengungkapkan, wanita yang merokok lebih cepat mengalami keriput. Menurut Sinta, merokok memberi efek penuaan dini pada kulit wajah wanita. 

"Apabila wanita aktif merokok, proses aging (penuaan kulit) akan lebih cepat karena sel-sel kulit akan lebih cepat mengalami proses penuaan dini," jelas dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang itu pada MALANGTIMES. 

Pernyataan Sinta juga didukung hasil penelitian tentang efek rokok pada kulit wajah. Penelitian itu dilakukan oleh akademisi University of Alabama di Birmingham Medicine, Inggris. 

Hasil penelitian menunjukkan merokok mengakibatkan penuaan kulit. Diawali dengan kemunculan kerutan. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin pada rokok yaitu vasokonstriktor, merupakan zat  yang menurunkan aliran darah ke organ tubuh, seperti kulit. 

Penurunan aliran darah ini bisa menghilangkan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan kulit, termasuk vitamin A yang diperlukan untuk regenerasi sel kulit.

Dimana keriput akan muncul? Hasil penelitian itu kata Sinta menjelaskan bahwa keriput akan terjadi di sekitar mulut. Karena rokok, jaringan dasar kulit akan hilang kekuatannya sehingga wajah akan lebih kendur dan berkeriput lebih dalam. 

"Kalau wanita aktif merokok maka keriput itu akan semakin cepat nampak di bagian mulut terutama," pungkas dokter spesialis kulit itu. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top