Sekali ke Ampelgading Kabupaten Malang, Anda Bisa Menikmati 4 Air Terjun Sekaligus

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi NasDem Kresna Dewanata Phrosakh (Kiri) saat berada di Coban Ciblungan
Anggota Komisi X DPR RI Fraksi NasDem Kresna Dewanata Phrosakh (Kiri) saat berada di Coban Ciblungan 'Sumber Pitu Mini-nya Ampelgading' (Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tidak salah kalau Bupati Malang mengatakan bahwa Kabupaten Malang merupakan wilayah dengan kekayaan alam yang tak tertandingi di Jawa Timur (Jatim). 

Branding Malang Kabupaten The Heart Of East Java ini memang pantas disematkan kepada wilayah yang dipimpin Dr H Rendra Kresna ini.

Air terjun telaga tiga warna Ampelgading (phinemo.com)

Bayangkan, dengan hanya mendatangi satu lokasi di Kecamatan Ampelgading, Anda bisa menikmati empat destinasi wisata air terjun yang memesona mata dan batin pengunjung.

Ibarat pepatah, 'sekali dayung dua pulau terlampaui', begitulah gambaran dari kayanya pesona alam air terjun di Ampelgading yang salah satunya dikunjungi oleh anggota Komisi X DPR RI Fraksi NasDem Kresna Dewanata Phrosakh, yaitu coban atau air terjun Ciblungan, Sabtu (22/7/2017) kemarin.

Air terjun Gintung Ampelgading (phinemo.com)

"Keindahan coban di Ampelgading tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Jatim atau Indonesia. Tepatlah kalau bidang pariwisata menjadi program unggulan di Kabupaten Malang,"kata Mas Dewa, sapaan akrab Kresna Dewanata, Minggu (23/7/2017).

Kekayaan alam yang kini potensinya terus dikembangkan oleh Pemerintahan Kabupaten Malang dalam konsep pariwisata berbasis masyarakat, bukan isapan jempol semata. Kecamatan Ampelgading adalah contoh kecil dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten terluas kedua di Jatim ini.

Selain air terjun coban Ciblungan di Desa Sidorenggo yang sepintas  mirip dengan Air Terjun Sumber Pitu di Pujon, Malang, hinggga disebut  ‘Sumber Pitu Mini-nya Ampelgading' yang menawarkan keperawanan alamnya dan lokasi yang tidak terlalu ekstrem ini, Anda juga bisa menikmati Air Terjun Telaga 3 Warna.

Air terjun Goa Naga Gintung dan Goa Purba Ampelgading (phinemo.com)

Di Air Terjun Telaga 3 Warna yang  memiliki ketinggian menyerupai gedung 6 lantai ini dengan keunikan air telaganya yang masih jernih dan terlihat memiliki tiga warna berbeda ini, Anda harus menyiapkan stamina ekstra. Akses menuju Air Terjun Telaga 3 Warna bisa dibilang cukup ekstrim dengan medan yang terjal.

"Bagi pengunjung yang tidak ingin terlalu lelah saya anjurkan melihat Coban Ciblungan saja. Tapi amat sayang kalau coban lainnya tidak didatangi,"kata Kepala Desa Sidorenggo, Harianto.

Air terjun ketiga di Ampelgading adalah Air Terjun Gintung yang secara lokasi tidak jauh dari Air Terjun Telaga 3 Warna. Di Gintung, pengunjung bisa dengan leluasa meminum langsung airnya yang berasal dari sumber pegunungan yang masih alami.

Air terjun terakhir di Ampel Gading adalah Coban Goa Naga Gintung, yang lokasinya diatas Coban Gintung. Untuk menuju coban terakhir ini, warga sudah membuat papan petunjuk arah menuju lokasi. Jalurnya juga bisa dibilang dekat dan tak begitu sulit untuk dijelajahi.

Satu keunikan air terjun ini, ia memiliki goa yang menurut penduduk setempat adalah goa purba yang sekarang ditempati oleh kelelawar.

Sekali ke Ampelgading, empat air terjun terkunjungi, menjadi ilustrasi betapa pengunjung yang ingin kembali menikmati keindahan alami dengan sedikit adrenalin terpompa, bisa mereguhnya tanpa perlu merogoh kocek lebih dalam.

Menurut Harianto, tiket masuk ke coban hanya Rp 3.000 dan parkir Rp 5.000. Warga setempat juga siap menyediakan pelayanan lain baik itu penitipan motor atau barang bawaan lainnya serta berganti busana setelah berenang, di rumah-rumah warga sekitar.

Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top