Dorong Inovasi Produk, Prodi Sastra China Universitas Brawijaya Gelar Sarasehan di Kampung Sanan

Dedy Fajar (paling kiri), Ivan Kuncoro (berkaos coklat), Diah Ayu Wulan,Ss,M.Pd (berbaju merah marun) beserta anggota tim UB dan masyarakat kampung Sanan(foto : Ira Pudjosakti for MalangTIMES)
Dedy Fajar (paling kiri), Ivan Kuncoro (berkaos coklat), Diah Ayu Wulan,Ss,M.Pd (berbaju merah marun) beserta anggota tim UB dan masyarakat kampung Sanan(foto : Ira Pudjosakti for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kampung Sanan yang terkenal sebagai sentra keripik tempe di Kota Malang menarik perhatian Program Studi (Prodi) Sastra China Universitas Brawijaya. Mereka pun mengadakan program pengabdian masyarakat di Sanan dengan tema kegiatan Peningkatan Promosi Penjualan Oleh-Oleh Khas Malang.

Baru-baru ini Malang Times meliput program pengabdian masyarakat tersebut. Ditemui dalam acara sarasehan tersebut, Diah Ayu Wulan selaku ketua tim menjelaskan tujuan diadakannya pengabdian masyarakat ini. Yaitu sebagai bentuk nyata dari Tri Dharma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat).

"Mengapa tema ini yang kami pilih? Karena prodi sastra China melihat potensi besar dari oleh-oleh khas Malang berupa keripik tempe yang bisa menjadi ikon oleh-oleh asli Malang apabila dikelola dengan lebih sistematis dan profesional," ungkap dia ketika dikonfirmasi tentang pemilihan tema tersebut.

Dalam acara sarasehan yang berlangsung akrab dan santai namun sarat ilmu tersebut, dihadirkan pemateri lulusan STMIK Asia Malang yang telah menorehkan berbagai prestasi sebagai narasumber di beberapa seminar di Malang, yakni Budi Fajar Supriyanto atau lebih akrab disapa Dedy Fajar. Pada kesempatan itu, Dedy menjelaskan dengan gamblang tentang metode pemasaran untuk keripik tempe via media online.

"Mulailah berinovasi dengan membuat produk turunan," kata Dedy memberikan tips kepada hadirin. "Jangan hanya memproduksi keripik tempe, tapi juga produk olahan tempe yang lainnya. UKM dan korporasi di Indonesia hendaknya juga mulai mempunyai standar agar produk-produknya dapat mendunia, karena standardisasi inilah yang membuat suatu produk bisa dipasarkan secara luas, termasuk standarisasi halal," sambung dia.

Dedy juga menekankan harus mulai mewaspadai adanya pasar bebas. Sebab, produk asli Indonesia bisa saja diklaim oleh negara lain. Contohnya tempe yang sudah diklaim oleh Jepang. "Bisa jadi suatu hari nanti kita harus bayar royalti ke Jepang untuk makan tempe," ujar dia.

UKM juga harus mulai go online. Tak hanya mengandalkan pameran. "Efektifkan media sosial seperti Facebook atau YouTube," tandas Dedy.

Pemberian materi yang berlangsung lebih kurang 2 jam ini benar-benar berlangsung seru dan edukatif sekali. Sesi tanya jawab juga disambut antusias oleh para peserta, terutama warga Kampung Sanan.

Ivan Kuncoro selaku ketua RW 15 Sanan mengaku sangat senang dengan adanya acara sarasehan pengabdian masyarakat dari Prodi Sastra China UB ini. Menurut dia, acara ini merupakan surprise yang menyenangkan bagi warga Sanan. "Ini pertama ada program pengabdian masyarakat dari mahasiswa. Dari dulu saya sudah lama ingin ada program ini di kampung kami ini, tapi baru sekarang terwujud. Saya senang sekali," ucapnya. /p>

Semenjak menjabat sebagai ketua RW 15, Ivan memang melakukan inovasi-inovasi agar masyarakat lebih peduli dengan lingkungan dan bisa membawa Sanan sebagai kampung wisata penghasil keripik tempe. Adapun inovasi yang telah dilakukan antara lain perbaikan infrastruktur jalan, penghijauan di area kampung dengan tanaman boga, dan membuat kampung lukis yang berasal dari ide masyarakat untuk melukis dinding rumah mereka. "Semoga adanya program ini akan membawa keripik tempe Sanan terkenal sampai seantero dunia," ujar dia. (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
  • Pacu Guru di Malang Menulis Sebulan Satu Buku

    Budaya membaca dan menulis memang belum jadi milik bangsa ini. Tetapi bukan berarti budaya literasi tidak digalakkan. Seperti pemandangan di aula Dinas Pendidikan Kota Malang pada Minggu (21/1/2018). Sekitar 100 guru sekolah dasar (SD) Kota Malang tampak

  • Banleg DPRD Kabupaten Malang: Bukan Soal Kuantitas, tapi Kualitas kalau Bicara Prolegda

    Sebanyak 14 Rencana Peraturan Daerah (Raperda) yang masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kabupaten Malang tahun 2018 jangan sekadar dilihat segi kuantitasnya saja. Tapi juga wajib dilihat kualitas dan relevansinya terhadap masyarakat Kabupaten

  • Minim Sumbang PAD, Terminal Gondanglegi Rencana Jadi Terminal Wisata

    Keberadaan beberapa terminal di wilayah Kabupaten Malang serupa hidup enggan mati tak mau. Hal ini didasarkan pada kontribusi terminal yang nyaris tidak berfungsi optimal dikarenakan kendaraan umum yang melayani masyarakat dalam kota terbilang sepi aktivi

  • Malang Siapkan Ini untuk Jadi Kiblat Fashion 2018

    Bicara soal mode, Kota Malang mungkin belum setenar ibu kota Jakarta atau Bandung. Tetapi industri fashion Bhumi Arema tak bisa dianggap sebelah mata.

  • Geber Periksa Mantan Ketua DPRD Kota Malang, KPK Incar Tersangka Baru?

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terus mendalami kasus dugaan rasuah perubahan APBD Kota Malang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka baru dalam kasus yang melibatkan sejumlah pimpinan instansi pemerintahan itu.

  • Janda Satu Anak Pilih Gantung Diri

    Diduga frustrasi, seorang janda beranak satu asal Desa Tawang Rejeni, Kecamatan Turen, mengambil jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya. Yaitu gantung diri dengan melilitkan kain panjang warna hijau yang biasa digunakan sebagai kudung ke lehernya sendir

  • Tahan Imbang Arema FC, Aji Santoso Senang Pasukan Mudanya Tak Minder

    Raut wajah sumringah ditunjukkan pelatih Persela Lamongan Aji Santoso. Aji senang karena pasukannya mampu menahan imbang Arema FC di Stadion Gajayana. Dia mengacungi jempol bagi para pemain mudanya karena tak minder walaupun harus berduel skuad yang punya

  • 7 Karoseri Ini Mendunia, dari Malang Mendominasi

    Reparasi bodi mobil di luar brand-brand kenamaan bisa dibuat di sebuah karoseri. Karoseri merupakan tempat yang menjual jasa pembuatan bodi mobil beserta interiornya, di atas chassis dan mesin yang diproduksi oleh pabrik lainnya.

  • Cara Menyehatkan Pedagang, Disperindag Kabupaten Malang Adakan Baksos Pengobatan Gratis

    Kabupaten Malang memiliki 34 pasar daerah dengan ribuan pedagang di dalamnya. Keberadaan para pedagang tersebut menjadi aset bagi Pemerintah Kabupaten Malang dalam menggerakkan perekonomian.

  • Inilah Lima Film Nasional Terhits yang Mengambil Lokasi Syuting di Malang Raya

    gai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya menawarkan banyak keunggulan. Termasuk pernah menjadi bagian dari setting lokasi film-film nasional. Inilah film-film nasional terhits yang pernah mengambil setting lokasi di Malang.

  • Misteri Pantai Goa China, Hati-Hati dengan Yang Nomor Empat

    Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai penuh pesona di Kabupaten Malang. Letaknya ada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

  • Kelabui Leasing, Warga Batu Ini Palsukan Data Kredit Motor

    Rencana Sutedjo (52), warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, untuk mengelabui petugas leasing dengan cara memalsukan dokumen tak berjalan mulus. Malah Sutedjo diciduk Polres Batu usai menyelidiki kasus tersebut.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top