Atasi Persoalan Jamban, Pemkab Malang dan Kodim 0818 Siap Luncurkan Gema Sang Juara

Pangdam V Brawijaya beserta Dandim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu bersama jajaran melihat proses pembangunan jalan dalam TMMD ke-99 di Sumberputih, Wajak, Senin (17/07) (Kodim for Malang TIMES)
Pangdam V Brawijaya beserta Dandim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu bersama jajaran melihat proses pembangunan jalan dalam TMMD ke-99 di Sumberputih, Wajak, Senin (17/07) (Kodim for Malang TIMES)

MALANGTIMES - Persoalan jamban di masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah terpencil, menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Malang dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0818 wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Kepemilikan jamban sehat sebagai prasyarat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan juga lingkungan sekitar, terus ditingkatkan di berbagai wilayah Kabupaten Malang, terutama di berbagai desa terpencil, seperti di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak.

Gerakan Masyarakat Membangun Satu Juta Jamban untuk Keluarga Sejahtera atau Gema Sang Juara pun diluncurkan oleh Pemkab Malang dan Kodim 0818 dalam upaya menyelesaikan permasalahan jamban sehat.

Gema Sang Juara yang akan difokuskan di berbagai desa terpencil dilandasi dengan masih minimnya jamban di dalam rumah warga seperti yang terpantau oleh Pangdam V Brawijaya pada saat meninjau Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99. 

"Dari hasil peninjauan tadi, kita memang melihat dari 20 Kepala Keluarga (KK) yang memiliki jamban hanya 3 rumah," kata Pangdam V/ Brawijaya Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, Senin (17/07).

Kondisi inilah yang membuat TMMD ke-99 benar-benar dimaksimalkan dalam upaya menambah kepemilikan jamban sehat warga Sumberputih, Wajak. Selain akan didorong oleh Gema Sang Juara nantinya. 

Menurut Kusnanto, TMMD yang telah mendapat apresiasi masyarakat karena mempercepat pembangunan di kawasan terpencil akan semakin bermanfaat dibarengi dengan program lain seperti Gema Sang Juara.

"Sinergitas berbagai program dan pemangku kepentingan akan semakin mempercepat pembangunan," ujar Pangdam V/ Brawijaya yang didampingi Dandim 0818, Letkol Arm Muridan saat melakukan peninjauan lokasi TMMD ke-99.

Apresiasi warga sangat tinggi dalam menyambut TMMD yang dirasakan bermanfaat dalam membantu pembangunan di wilayah desa terpencil. Hal ini terlihat dalam setiap TMMD, harapan warga yang daerahnya menjadi lokasi sasaran meminta kegiatan tersebut terus ditingkatkan.

"Alhamdulillah TMMD bisa diapresiasi warga, bahkan banyak yang meminta kegiatan dilakukan setahun empat kali," imbuh Pangdam V Brawijaya yang melihat pembangunan MCK di Dusun Magersari dan pelebaran Jalan antara Dusun Sarirejo dengan dusun Arjosari, Desa Sumberputih, Wajak. 

Selain melihat pembangunan fisik di Sumberputih, Wajak, Pangdam V Brawijaya juga menyerahkan bingkisan paket sembako sebanyak 10 paket kepada 10 orang warga desa Sumberputih, Wajak.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top