Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Spot Swafoto Tingkatkan Jumlah Wisatawan, PD Jasa Yasa Akan Bangun Lagi di 3 Destinasi Wisata

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

10 - Jul - 2017, 15:13

Dwi Hari Cahyono, direktur utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, menyampaikan bahwa peningkatan jumlah wisatawan selain dikarenakan pesona wisatanya juga dipicu adanya spot swafoto, Senin (10/07). (Nana)
Dwi Hari Cahyono, direktur utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, menyampaikan bahwa peningkatan jumlah wisatawan selain dikarenakan pesona wisatanya juga dipicu adanya spot swafoto, Senin (10/07). (Nana)

MALANGTIMES - Ber-swafoto dengan latar belakang pemandangan wisata, baik bersama-sama maupun sendirian, ternyata telah menjadi tren wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Malang.

Bahkan, menurut Dwi Hari Cahyono, direktur utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, spot swafoto di tempat wisata telah mendongkrak jumlah kunjungan tahun 2017 ini. 

Baca Juga : Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Bupati Malang Klaim Penyebabnya Tertular dari Luar

Di tiga destinasi wisata yang dikelola PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, yaitu Pantai Balekambang, Pantai Ngliyep, dan pemandian Sumber Waras, peningkatan pengunjung mencapai 30 persen. "Peningkatan cukup besar saat di area wisata dibangun spot swafoto. Tren wisatawan ini terus tumbuh setiap tahunnya," kata Dwi Hari, Senin (10/07) kepada Malang TIMES.

Pengunjung, selain menikmati keindahan alam wisata pantai, juga mencari spot-spot swafoto di area tersebut. Spot swafoto menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pariwisata setelah teknologi semakin memanjakan masyarakat dengan kemudahan untuk mengabadikan berbagai peristiwa.

Melihat ceruk potensi meraup pengunjung ke tempat wisata melalui spot-spot swafoto, PD Jasa Yasa di tahun ini merencanakan pembangunan spot swafoto di destinasi wisata yang dikelolanya. Terutama tempat wisata pemandian, seperti Metro Kepanjen, Dewi Sri Pujon, dan Sumber Waras.

"Tiga tempat wisata itu yang akan kita kerjakan pembangunan maupun penambahan spot untuk swafoto pengunjung. Terutama kita fokus di Metro, Kepanjen," ujar Dwi Hari.

Rencana penambahan pembangunan spot swafoto tersebut, masih menurut Dwi, akan dilaksanakan dengan melibatkan pihak ketiga atau investor. Hal ini disebabkan PD Jasa Yasa secara anggaran dalam mengelola pariwisata tidak berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga : Kilas Balik Jejak Covid-19 di Kota Malang Hingga Pengajuan Status PSBB

"Anggaran kami murni dari pendapatan dari tempat wisata yang dikelola. Jadi, silakan kalau memang ada dari pihak ketiga yang akan bekerja sama dengan kami," ungkap Dwi yang juga mengatakan sampai semester pertama 2017 ini, destinasi wisata yang sudah dipihakketigakan adalah pemandian Dewi Sri dan Sumber Waras.

Rencana pembangunan dan penambahan spot swafoto oleh PD Jasa Yasa juga akan merambah ke destinasi wisata pantai, baik di Balekambang maupun di Ngliyep. Menurut Dwi, di dua wisata pantai yang sudah terkenal baik oleh wisatawan dalam dan luar ini, nantinya akan dibangun spot swafoto berupa kolam renang.

"Ide ini juga dari harapan para wisatawan yang ingin berselfi di kolam renang tetapi latar belakangnya lautan atau pantai. Kita tentunya akan menindaklanjutinya," pungkas Dwi. (*)


Topik

Peristiwa Spot-Swafoto Wisatawan PD-Jasa-Yasa Destinasi-Wisata


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus