Inilah Lima Hutan Kota Malang, Surga Tersembunyi di Tengah Pemukiman dan Perkantoran

Inilah lima hutan Kota Malang yang memiliki keindahan ibarat surga yang tersembunyi di tengah perkotaan. (foto : Istimewa)
Inilah lima hutan Kota Malang yang memiliki keindahan ibarat surga yang tersembunyi di tengah perkotaan. (foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Kota Malang memiliki banyak hutan kota nan indah. Hutan-hutan kota itu layak menjadi destinasi wisata. Banyak yang menyebut hutan-hutan kota itu sebagai surga yang tersembunyi di balik deretan perumahan, perkantoran, dan gedung hotel yang tinggi.

Berikut ini lima "surga yang tersembunyi" itu  versi MalangTIMES yang memiliki fungsi sebagai paru-paru kota, ruang terbuka hijau, dan menambah keindahan Kota Malang.

1. Hutan Kota Malabar

Hutan kota yang berada di Jalan Malabar, Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, ini lokasinya sangat strategis. Berada di tengah kota dengan dikelilingi rumah-rumah elite di wilayah di dekat kawasan Jalan Ijen.

Hutan Kota Malabar makin ciamik setelah dipermak melalui dana CSR (corporate social responsibility) PT Amerta Indah Otsuka. Aset Kota Malang ini memiliki luas sekitar 16.812 meter persegi. Terdapat bangunan kolam reservoir penampung air kotor yang disebut busem di tengahnya. Fungsinya sebagai penampung air kotor dari perumahan di wilayah tersebut.

Busem sendiri juga berfungsi untuk melestarikan sumber air, termasuk tempat memanfaatkan air hujan di perkotaaan melalui drainase berwawasan lingkungan dengan mengupayakan mengalirkan dan meresapkan sebagian air hujan mengalir melalui saluran air hujan pada kawasan lahan tersebut.

Lalu ada satu pohon Soga yang terletak di sisi barat, sebagai tempat berlindung dari sengatan terik matahari. Selain itu, Soga ini apabila tertiup angin kencang, ujung-ujungnya saling bersentuhan dan menimbulkan suara khas yang menarik.

2.  Hutan Kota Velodrom

Hutan Kota Velodrome tidak kalah menarik indahnya dengan Hutan Kota Malabar. Hutan kota yang terletak di Jalan Danau Jonge Nomor 1 Madyopuro itu juga dilengkapi dengan arena balap sepeda, khususnya sepeda jenis track bike. 

Velodrom sendiri memiliki bentuk oval dengan permukaan miring.  Velodrom Kota Malang ini salah satu dari lima velodrom di Indonesia.

Selain arena balap sepeda, Velodrom juga difungsikan sebagai pasar buku. Banyak pedagang kaki lima yang berjualan di tempat itu.  Jadi, di samping menikmati kesejukan udara hutan kota, pengunjung bisa berburu buku.

Luas lahan Hutan Kota Velodrom sekitar 12.500 meter persegi. Ada sekitar 2 ribu bibit tanaman jenis tanaman keras (berkayu) di lokasi ini, Guna membantu penyiraman, dibangun 4 sumur dan 4 tandon di empat sisi lokasi hutan kota tersebut.

3. Hutan Kota Jalan Jakarta

Hutan Kota Jalan Jakarta direvitalisasi menjadi Taman Kunang-Kunang yang juga memiliki keindahan dengan bentuk membujur terletak di sepanjang Jalan Jakarta dengan luas lahan 14.777 meter persegi.  

Pembangunan ruang terbuka hijau ini memberi dampak positif bagi masyarakat. Salah satunya sebagai tempat alternatif untuk berkumpul bersama teman maupun keluarga.

Meskipun telah direvitalisasi menjadi Taman Kunang-Kunang, fungsi ekologis hutan kota sebagai penahan polusi udara dan penyimpan air tetap dipertahankan. Hutan Kota Jalan Jakarta masuk kategori hutan kota dengan vegetasi tumbuhan berkayu besar dan semak-semak khas hutannya.

Di hutan kota ini terdapat dua pulau dengan dua plaza yang dinaungi paraphet. Menambah keteduhan dan kenyamanan lokasi tersebut. Di pulau 1 dibangun hardscape penanda Taman Kunang Kunang dan di plasa 2 dibangun 2 hardscape untuk duduk menikmati rindangnya tumbuhan di sekitar. 

4. Hutan Kota Jalan Kediri

Lokasinya di Jalan Kediri, Kelurahan Gadingkasri, Kecamatan Klojen. Hutan kota ini memiliki luas 5.479 meter persegi yang terdiri dari dua pulau dan dibatasi oleh sungai dan gang. 

Awalnya lokasi ini digunakan sebagai kebun pembibitan tanaman. Namun dengan berjalannya waktu, kebun pembibitan dipusatkan di Jalan Garbis dan lahan ini kemudian dijadikan hutan kota.

Tahun 2017, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman berencana untuk melakukan revitalisasi Hutan Kota Jalan Kediri agar keberadaannya bisa semakin dimanfaatkan masyarakat. Tak hanya berfungsi sebagai ruang terbuka hijau (RTH), namun juga berfungsi sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat Kota Malang.

5. Hutan Kota Bumi Perkemahan Hamid Rusdi

Hutan Kota Bumi Perkemahan Hamid Rusdi berlokasi di Kelurahan Wonokoyo, Kecamatan Kedungkandang, dengan luas 18.000 meter persegi.

Terletak di perbatasan Kota Malang dengan Kabupaten Malang,hutan kota ini mempunyai 3 pulau yang dibatasi oleh gang.  Pulau satu masih berupa tanah lapangan di sisi kanan kirinya ditanami pohon Bintaro.

Kemudian di pulau kedua, selain ditanami pohon Bintaro, juga ada pohon Glodokan Tiang. Sedangkan pulau ke 3 ditanami beberapa jenis pohon Jati.

Meski jauh dari pusat kota, hutan kota ini sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti kegiatan perkemahan oleh akademisi di Kota Malang. (*)

Pewarta : imam syafii
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top